Pengalaman Caritas Amboina – Caritas Indonesia – KARINA

Pengalaman Caritas Amboina

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaKajian Mandiri PRBOM Caritas AmboinaBulan Februari sampai Maret 2010, Caritas Amboina bersama tim fasilitator mereka memulai serangkaian proses fasilitasi Kajian Resiko Bencana Partisipatif (KRBP) di delapan komunitas di wilayah rawan bencana di delapan Paroki berbeda. Mereka bekerja dengan komunitas-komunitas di paroki Maria Bintang Laut, Passo, Laha, Poka.

Proses KRBP dilakukan melalui serangkaian pertemuan komunitas yang difasilitasi para fasilitator dan dihadiri anggota komunitas masing-masing. Dari proses KRBP ini dihasilkan kajian anggota komunitas setempat mengenai ancaman/bahaya prioritas yang harus dihadapi, asal muasal dan karakteristiknya, tingkat kerentanan dan identifikasi kelompok rentan serta kemampuan dan sumberdaya yang tersedia di komunitas yang perlu ditambahkan untuk mengurangi kerentanan masyarakat terhadap ancaman/bahaya.

Hasil KRBP tersebut diperlukan guna memunculkan inisiatif-inisiatif anggota komunitas setempat dalam bentuk rekomendasi tindakan-tindakan pencegahan (prevention), mitigasi (mitigation), kesiapsiagaan ber-tanggap darurat (emergency response preparedness) serta peningkatan kapasitas untuk pengurangan sebab-sebab kerentanan (capacity building for vulnerability sources reduction).

Aktivitas yang dikerjakan para fasilitator Pengurangan Resiko Bencana yang Dikelola oleh Masyarakat (PRBOM) Caritas Amboina tersebut di atas merupakan hasil dari dua kegiatan sebelumnya. Pertama, bulan Agustus 2009, Karina KWI dan Caritas Amboina menjalankan Kajian Mandiri Kinerja Institusi Bidang Pengurangan Resiko Bencana untuk mencari tahu sejauh mana Caritas Amboina bergerak dalam karya Pengurangan Resiko Bencana di wilayah pelayanannya. Salah satu hasil penting dari lokakarya tersebut adalah keputusan untuk melatih dan menguatkan calon-calon fasilitator yang akan menjadi penggerak karya PRBOM Caritas Amboina.

Pada bulan Desember 2009, Caritas Amboina bekerjasama dengan Karina menyelenggarakan pelatihan pertama bagi para calon fasilitator PRBOM yang nantinya akan bekerja dengan komunitas-komunitas di wilayah rawan bencana. Para calon fasilitator tersebut mempelajari berbagaicara memfasilitasi proses KRBP (Kajian Resiko Bencana Partisipatif) lengkap dengan alat-alat bantu kajian pedesaan partisipatif yang dipakai memfasilitasi proses kajian di tingkat akar rumput dengan cara sederhana.

Dalam pelatihan tersebut juga diberikan materi konsep dasar dan istilah-istilah kebencanaan, formula PRB, metodologi proses PRBOM. Peserta juga memperoleh kesempatan melakukan praktek lapangan memfasilitasi proses KRBP bertempat di Gedung gereja Paroki Passo. Setelah melakukan praktek lapangan, para fasilitator diberi kesempatan untuk belajar merefleksikan pengalaman mereka menjadi fasilitator dan kemudian diminta membuat laporan proses fasilitasi sebagai alat bantu mendokumentasikan pengalaman perjumpaan dan pembelajaran dengan anggota komunitas yang mereka temui sebelumnya.

Di akhir pelatihan, para peserta pelatihan diminta merencanakan proses fasilitasi PRBOM bagian pertama, yaitu masuk-melebur dengan masyarakat, melakukan Kajian Resiko Bencana Partisipatif dan inisiasi organisasi basis PRB komunitas. Setelah proses ini selesai, para fasilitator, tim Caritas Amboina dan Karina akan berkumpul kembali, merefleksikan hasil kerja lapang dan menyusun rencana fasilitasi PRBOM tahap kedua yaitu fasilitasi perumusan strategi PRBOM, perumusan rencana aksi PRB komunitas, dan desain monitoring serta evaluasi dan pembelajaran partisipatif.

Dari proses-proses tersebut, diharapkan lahir sebuah inisiatif-inisiatif pengurangan resiko bencana dari komunitas yang mereka kelola sendiri. Mereka sendiri yang melakukan kajian, merancang, melaksanakan, memonitor dan mengevaluasi lalu mendokumentasikannya.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta