Pendampingan Keuangan di Labasa: Sederhana Namun Bermakna – Caritas Indonesia – KARINA

Pendampingan Keuangan di Labasa: Sederhana Namun Bermakna

23/10/2012

Dalam pertemuan terakhir di Labasa, saya menyampaikan pentingnya laporan keuangan, karena kita menggunakan dana yang bukan milik kita. Kita harus menyampaikan laporan kepada orang-orang yang berkehendak baik dan  memberikan dana, termasuk untuk kegiatan di Labasa ini. Laporan keuangan merupakan wujud tanggung jawab kita.

Ada 3 hal pokok yang saya sampaikan yaitu mengenai  penganggaran (budgeting), pelaksanaan (implementasi) dan pelaporan (reporting).  Siklus keuangan sederhana ini akan selalu dijumpai dan dilaksanakan jika kita melakukan kegiatan bersama dan menggunakan dana yang bukan milik kita. Yang paling rumit adalah implementasi, karena terdapat banyak aturan main bersama yang harus ditaati dan penggunaan dana ada batasan yang perlu diikuti. Batasan tersebut ada dalam detil-detil rencana anggaran. Dokumentasi adalah hal penting lainnya, untuk membuktikan bahwa dana yang digunakan sesuai dengan anggaran dan porsinya. Saya menyampaikan hal-hal penting dalam pelaporan keuangan seperti yang beberapa kali saya sampaikan dalam beberapa pertemuan, namun karena tidak ada fasilitas yang memadai maka saya tidak menggunakan power point.

Tim fasilitator Labasa menyambut positif penjelasan mengenai proses keuangan sederhana ini. Mereka menerima proses keuangan ini, walaupun lebih rumit jika dibandingkan dengan dana yang biasa turun dari pemerintah. Beberapa pertanyaan yang muncul adalah seputar bukti pengeluaran dana yang harus dilengkapi. Hal ini juga akhirnya bisa diterima, setelah penjelasan bahwa dana-dana yang digunakan datangnya dari masyarakat yang mau berbagi kasih kepada sesama, sama seperti masyarakat Muna. Dana tersebut bukan datang dari orang kaya yang berkecukupan dan bukan dari pemerintah.

Kembali ke Makassar: Pendampingan dan Evaluasi Keuangan
Hari terakhir, Sabtu 9 juni 2012. Pagi-pagi kami sudah bersiap untuk bertolak dari Labasa menuju Makassar. Mengulang lagi perjalanan melalui darat, laut dan udara untuk sampai ke Makassar. Setiba di kantor Caritas Makassar kami bertemu dengan staff keuangan dan administrasi serta dua staf program yang bersama-sama kami dari Labasa.

Saya melakukan pendampingan secara teknis untuk proses pembuatan laporan keuangan. Hal ini berangkat dari beberapa temuan bahwa laporan keuangan Caritas Makassar sulit dibaca, terkait penyusunan bukti-bukti pengeluaran. Dalam beberapa kesempatan pertemuan, saya sudah mencoba untuk menjelaskan beberapa hal tetapi ternyata kekurangan tersebut masih terbawa sampai pada laporan beberapa bulan terakhir ini.  Caritas Makassar merasa pendampingan ini cukup membantu untuk penyusunan laporan keuangan selanjutnya.

Selain pendampingan teknis dengan staf keuangan, kami melakukan evaluasi mengenai alur keuangan antara Karina dengan Caritas Makassar terutama untuk kegiatan DRR dan CB4ER, yang berada dalam tanggung jawab saya.

Memaknai Kunjungan dan Pendampingan di Lapangan
Kesempatan kunjungan saya ke Makassar kali lalu merupakan satu kesempatan untuk melihat langsung kegiatan yang sedang di laksanakan tim Caritas Makassar dan juga Organisasi Masyarakat di wilayah Labasa. Menjadi sangat bermakna ketika saya bisa melihat langsung proses di wilayah dampingan bertemu juga dengan para penerima manfaat, dan terbayang jelas bahwa dana yang datang dari para donatur (jaringan caritas) tersampaikan pas pada orang-orang yang betul-betul membutuhkan.

Bagian teknis dalam hal keuangan juga dirasa berguna bagi teman-teman dalam kunjungan kali lalu, sehingga mudah di terima dan  hal-hal yang selama ini dirasa kurang jelas dipertanyakan dalam diskusi kami. Kebutuhan administratif yang selama ini sering bolak balik ditanyakan dan dirasa agak sulit dapat dimengerti bahwa hal itu dibutuhkan dan digunakan sebagai wujud pertanggungjawaban. Harapan dari kunjungan ini, semoga kedepan bisa menjadi lebih baik lagi untuk kita semua. (*)

*Penulis adalah staf Keuangan Karina KWI

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta