“Kegiatan Pemulihan dan Promosi Hidup Bersih di Sinabung” – Caritas Indonesia – KARINA

“Kegiatan Pemulihan dan Promosi Hidup Bersih di Sinabung”

24/03/2014
pengobatan gratis Batu Karang -II resize

pengobatan gratis Batu Karang -II resize

Pasca pemulangan para pengungsi erupsi Gunung Sinabung pada bulan Februari 2014 lalu, tim Caritas PSE Keuskupan Agung Medan (CPSE KAM), bekerjasama dengan Paroki St. Fransiskus Asisi Berastagi, telah melakukan beberapa kegiatan untuk mendukung proses pemulihan bagi masyarakat terdampak. Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah pelayanan kesehatan gratis yang melibatkan RS Elisabeth Medan, RS Sari Mutiara Medan, RS Harapan Siantar, RS Amanda Berastagi, dan RS Karitas Palembang.

Kegiatan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis ini dilakukan di Desa Susuk, Desa Surbakti, Desa Batukarang, Desa Lingga, Desa Ndeskati, Desa Sukatepu, Desa Beganding, Desa Perteguhen, Desa Torong, Desa Narigunung Dua (Tapak Tua), Desa Sukatendel, Desa Jandi Meriah, Desa Penampen, Desa Sirumbia dan Desa Beganding.

Sementara itu, kegiatan pemulihan ekonomi tambahan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan pembuatan kue. Kegiatan dilakukan untuk kelompok ibu-ibu di Posko Tiga Binanga, Posko Perbesi, Desa Tanjung Merawa, Desa Payung, dan Desa Tiga Nderket.

cuci tangan pakai sabun2 resize

Dalam tahap pemulihan ini, CPSE KAM bekerjasama dengan KARINA dan para mitranya melakukan kegiatan pendampingan di bidang pemenuhan logistik, pelayanan kesehatan, pemulihan pendidikan, dan pemulihan mata pencaharian. Fokus pendampingan untuk kegiatan tersebut di atas adalah para warga terdampak di Desa Selandi (yang berada pada radius 4.5 Km) dan Desa Batu Karang (radius 6.5 Km). Khusus untuk warga Desa Selandi, dikarenakan aktivitas Gunung Sinabung masih terus berlangsung dan status masih Awas (Level IV), maka mereka belum mendapatkan rekomendasi dari pemerintah untuk dapat pulang ke rumah masing-masing. Sehingga saat ini tim CPSE KAM hanya bisa memberikan pendampingan untuk kegiatan pelatihan pembuatan kue sebagai cara untuk mendukung pemulihan ekonomi selama di tempat pengungsian.

Sedangkan untuk Desa Batu Karang yang sudah diperbolehkan untuk pulang, tim CPSE KAM memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis. Masyarakat di desa ini juga mendapatkan pelayanan kesehatan yang lain seperti promosi kesehatan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juga mendapatkan dukungan logistik (beras, minyak goreng, ikan, gula, garam dan kacang panjang) dan pendidikan (transportasi, buku dan peralatan sekolah). Selain dukungan untuk material, tim CPSE KAM juga akan memberikan dukungan imaterial seperti pelatihan di bidang livelihood dan kegiatan peningkatan kapasitas lainnya. 

 

pengobatan di sukatepu resize Penyuluhan PHBS dewasa resize

Sumber: Tim Caritas PSE K.A. Medan

Foto: Dokumentasi Tim Caritas PSE K.A. Medan

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta