Pemprov DKI Jakarta Luncurkan 4 Desain Besar Guna Wujudkan Jakarta Kota Berketahanan – Caritas Indonesia – KARINA

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan 4 Desain Besar Guna Wujudkan Jakarta Kota Berketahanan

24/01/2018
WhatsApp Image 2018-01-23 at 11.00.54-1

SIARAN PERS 23 Januari 2018
NOMOR: /SP-HMS/1/2018

Pemprov DKI Jakarta Luncurkan 4 Desain Besar Guna Wujudkan
Jakarta Kota Berketahanan

Balaikota Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meluncurkan 4 (empat) Desain Besar yang berkolaborasi dengan masyarakat dan LSM dalam upaya mewujudkan Jakarta sebagai Kota Berketahanan. Peluncuran empat Desain Besar yang terdiri atas Desain Besar Pertanian Perkotaan, Desain Besar Layanan Air Minum dan Air Limbah Domestik, Desain Besar Jakarta Menuju Kota Layak Anak, dan Desain Besar Sistem Pengelolaan Sampah dilakukan oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan dan Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Mungkasa dengan didukung Yayasan KARINA (Caritas Indonesia) melalui program Partners for Resilience-Strategic Partnership dan Marunda Urban Resilience in Action (MURIA), USAID-IUWASH PLUS, PLAN International Indonesia dan D’Art Of Waste Institute Bandung di Balai Agung, Balaikota, Selasa (23/1).

Empat Desain Besar yang diluncurkan tersebut disusun berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) DKI Jakarta serta selaras dengan prioritas kerja dalam membawa visi dan misi Pemprov DKI Jakarta hingga tahun 2022. Desain-desain besar tersebut akan menyasar seluruh aspek penting dalam tata ruang dan lingkungan hidup kota baik dalam hal ketahanan pangan, layanan air minum dan air limbah domestik, dan ekosistem penting kota yang sangat vital dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota berketahanan. Adapun penjelasan keempat Desain Besar sebagai berikut.

Desain Besar Pertanian Perkotaan
Desain Besar Pertanian Perkotaan DKI Jakarta difasilitasi oleh Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan DKI Jakarta dengan Yayasan KARINA. Desain Besar ini sudah dimulai sejak April 2017 dan telah melalui dua Lokakarya Multipihak di bulan Agustus dan November 2017 untuk memastikan partisipasi dan kolaborasi semua pihak dalam penyusunannya. Desain Besar Pertanian Perkotaan diharapkan dapat menjadi salah satu strategi dari Pemprov DKI Jakarta yang menjadi dasar kolaborasi banyak pihak, baik masyarakat, pemerintah, LSM, dan swasta dalam menjalankan program pertanian perkotaan DKI Jakarta dengan menggunakan pendekatan pengelolaan risiko terpadu. Selain itu juga menjadi solusi yang tangguh untuk Ketahanan Pangan warga Jakarta dan turut mendukung peningkatan pendapatan masyarakat DKI Jakarta.

Desain Besar Air Minum dan Air Limbah Domestik
Desain Besar Layanan Air Minum dan Air Limbah Domestik DKI Jakarta merupakan strategi untuk meningkatkan akses layanan dasar, yaitu air minum dan air limbah domestik yang aman bagi warga Jakarta, yang disusun melalui serangkaian tahapan. Tahapan tersebut meliputi pengembangan Peta Interaktif (peta yang menunjukkan kondisi layanan air minum dan sanitasi atau air limbah domestik per kelurahan, kondisi kualitas sungai dan air tanah di DKI Jakarta, serta proporsi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang mendapatkan layanan); pertemuan atau diskusi lintas SKPD dan mitra pembangunan; serta lokakarya partisipatif lintas perangkat daerah, kementerian, dan pelaku yang terkait dalam sektor air minum dan sanitasi atau air limbah domestik. Penyusunan tersebut dilakukan secara kolaboratif yang melibatkan perangkat daerah, lembaga donor dan mitra pembangunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Desain Besar Jakarta Menuju Kota Layak Anak
Hingga saat ini, berbagai inisiatif dilakukan untuk mempercepat pencapaian Kota Layak Anak, yaitu dibangunnya RPTRA, dicanangkannya Sekolah Aman Bencana (SAB), pencatatan kelahiran, serta pembentukan/penguatan forum anak. Namun, inisiatif yang ada umumnya bersifat jangka pendek dan tidak sepenuhnya terintegrasi. Oleh karena itu, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Plan Internasional Indonesia berinisiatif untuk menyusun Desain Besar Jakarta Menuju Kota Layak Anak 2018-2022. Desain Besar Jakarta ini merupakan hasil dari rangkaian kegiatan penyusunan Desain Besar yang dilakukan sejak Bulan April 2017. Proses penyusunannya menggunakan pendekatan kolaboratif yang melibatkan pemangku kepentingan terkait, meliputi unsur Pemerintah Pusat Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Organisasi Non-Pemerintah, Kelompok Anak/Remaja, Media Massa dan Dunia Usaha.

Desain Besar Sistem Pengelolaan Sampah
Desain Besar Sistem Pengelolaan Sampah DKI Jakarta yang disusun oleh Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup bersama dengan D’Art of Waste dan perangkat daerah terkait merupakan dokumen strategi pengelolaan sampah dari sumber hingga tempat pemrosesan akhir yang ideal bagi kondisi kota DKI Jakarta. Terdapat serangkaian tahapan yang disusun untuk penanganan dan pengurangan sampah yang aman bagi warga Jakarta, yaitu meliputi pengembangan skala Interaktif (skala sumber, skala lingkungan dan skala kawasan, skala wilayah dan pemrosesan akhir) di DKI Jakarta; serta pelibatan masyarakat setiap tahapan sesuai dengan potensinya. Target besarnya adalah pengurangan sampah dengan proses pengolahan sampah secara maksimal di sumber hingga wilayah sehingga menurunkan volume pengangkutan sampah ke TPA serta memroses material sampah lama di zona yang sudah ditutup untuk dimanfaatkan, sehingga bisa dikembangkan menjadi reused landfill. Sementara Kabupaten Kepulauan Seribu tidak lagi diarahkan membawa sampahnya ke daratan (TPA Bantar Gebang) namun diatur atau dikelola dengan teknologi pemrosesan yang sesuai kaidah tata lingkungan yang baik dan benar di setiap pulau berpermukiman.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta