Pelayanan Untuk Pecandu Narkoba dan ODHA – Caritas Indonesia – KARINA

Pelayanan Untuk Pecandu Narkoba dan ODHA

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia“Program-program pelatihan seperti ini membuat saya mengerti penyakit kecanduan saya dan membuat saya berhenti mengkonsumsi narkoba, oleh karena itu saya berharap program ini bertahan selama mungkin”, jelas Syahrial, peserta pelatihan. Ia adalah pecandu dalam pemulihan. Selama 4 bulan (Februari-Juni 2010), CORDIA CARITAS Medan bekerja sama dengan Yayasan Harapan Permata Hati Kita (YAKITA) menyelenggarakan pelatihan intensif tentang pengurangan dampak buruk Narkoba (Harm reduction) dan HIV/AIDS.

Pelatihan ini adalah kegiatan awal dalam program peningkatan layanan kesehatan untuk para pengguna narkoba yang hidup di lingkungan beresiko tinggi di Kota Medan yang sedang dikembangkan oleh CORDIA dengan dukungan Caritas Germany (DCV).

Sebanyak 20 orang dari berbagai latar belakang seperti pecandu narkoba dalam pemulihan, mahasiswa, relawan dari jaringan lsm yang bergerak di isu HIV dan narkoba di medan, jemaat gereja, dan suster dari kongregasi menjadi peserta pelatihan intesif ini. Tujuan dari pelatihan ini adalah memberikan informasi terkait pengurangan dampak buruk narkoba (Harm reduction), HIV dan AIDS serta masalah yang terkait langsung dengan penyalahgunaan narkoba, menyediakan sumber daya manusia yang memiliki kualitas baik untuk memberikan pelayanan bagi para pecandu narkoba yang ingin memperbaiki kulitas kehidupannya, serta membangun kerjasama diantara lembaga yang bergerak di isu penanggulangan dampak buruk narkoba dan HIV di Kota Medan.

Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta diberikan materi terkait dengan komunikasi, Adiksi Narkoba, Harm Reduction, HIV/AIDS,Infeksi Menular Seksual, Kesehatan Reproduksi, Hepatitis C, Penjangkauan Komunitas, jenis-jenis program pemulihan bagi para pecandu narkoba, pengelolaan Drop In Center (rumah Singgah) dan informasi lainnya yang terkait dengan isu HIV dan penyalahgunaan narkoba. Seluruh materi ini diberikan dalam dua tahap:

  1. Tahap pertama: Pelatihan didalam ruangan, di tahap ini para peserta diberikan pelatihan dan informasi dari sisi teoritis untuk memperoleh gambaran tentang permasalahan yang terkait penyalahgunaan narkoba.
  2. Tahap Kedua: Pelatihan di luar lapangan, di tahap ini para peserta diterjunkan langsung ke lapangan dan didampingi oleh fasilitator untuk melakukan penjangkauan di komunitas resiko tinggi (Pecandu dengan jarum suntik/Injecting Drugs user/IDU). Dalam kegiatan ini para peserta di tuntut untuk dapat memberikan informasi yang didapat selama pelatihan didalam ruangan kepada para pecandu narkoba yang masih aktif.

“Pada awalnya saya berpikir kalo pecandu itu orang yang tidak perlu dibantu, namun setelah menjalani pelatihan saya melihat ternyata mereka adalah orang-orang yang memiliki penyakit terkait fisik, mental, emosional, dan spiritiual yang akut dan butuh pertolongan”, tambah Suster Wilfrida.

Di penghujung pelatihan intensif ini, CORDIA akan memilih 7 orang peserta pelatihan untuk dijadikan sebagai staff program yang akan memberikan pelayanan di masyarakat khususnya kepada para pecandu narkoba.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta