Pelayanan Kasih yang Profesional – Caritas Indonesia – KARINA

Pelayanan Kasih yang Profesional

12/11/2015

Dalam ensiklik Deus Caritas Est, Paus emeritus Benediktus XVI menyatakan bahwa Caritas harus profesional dalam setiap karyanya. ‘Mereka yang melakukan pengabdian terhadap orang-orang yang menderita membutuhkan kompetensi profesional: mereka harus dididik sedemikian rupa, agar dapat melaksanakan apa yang tepat dengan cara yang tepat dan dapat mengupayakan pemeliharaan berkelanjutan.’ Kemudian beliau juga menambahkan, ‘kompetensi profesional adalah syarat pertama, yang mendasar, tetapi itu saja tidak cukup. Caritas melayani manusia, dan manusia selalu membutuhkan lebih daripada penanganan yang melulu bersifat teknis. Mereka membutuhkan rasa kemanusiaan. Mereka membutuhkan perhatian… Maka dari itu, para pengemban pelayanan kasih tersebut membutuhkan, selain pendidikan profesional, terutama ‘pembentukan hati’.’1

Caritas sebagai organisasi yang bergerak dalam karya pelayanan sosial memiliki mandat untuk menjadi lembaga yang profesional, namun tetap memegang teguh prinsip-prinsip dasar kemanusiaan. Profesionalisme karya pelayanan Caritas ini dapat dilihat pada Standar Manajemen dari Caritas Internationalis (Caritas Internationalis – Management Standard / CI-MS). Maksud dari Standar Manajemen ini adalah untuk membantu anggota Konfederasi Caritas agar menjadi lebih kuat secara kelembagaan dan pada akhirnya juga akan membuat konfederasi menjadi lebih kuat dan efektif. Standar Manajemen ini berasal dari praktik baik dan prinsip-prinsip global yang sudah dilakukan dan diterima oleh komunitas lembaga kemanusiaan dan pemberdayaan internasional. 

Pada tanggal 19-21 Oktober 2015 lalu, Caritas Internationalis menyelenggarakan pelatihan CI-MS untuk anggota Konfederasi Caritas yang berada di wilayah Asia dan Oceania. Sebanyak 42 orang dari 24 anggota konfederasi Caritas hadir dalam pelatihan yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand. Fasilitator pelatihan ini adalah Ms. Annamária Vrzáčková dan Mr. Jacob Winter (Caritas Internationalis) serta Ms. Sanja Horvat (Caritas Bosnia and Herzegovina). Materi pelatihan ini meliputi pengenalan dan penjelasan CI-MS, pengenalan alat-alat untuk kajian, pengembangan lembaga dan penguatan kapasitas, monitoring dan pembelajaran, data analisis, dan pelibatan para pemangku kepentingan.

Proses pelatihan dilakukan dengan mendengarkan paparan, diskusi kelompok, latihan dan bermain peran. Untuk membantu proses belajar selama pelatihan, para peserta mendapatkan buku kerja yang berisi semua dokumen materi pelatihan serta buku panduan untuk menjalankan CI-MS. Setelah mengikuti pelatihan, para peserta diharapkan untuk mulai mensosialisasikan CI-MS dan melakukan kajian mandiri dengan alat bantu yang ada. Fase ujicoba CI-MS ini akan dilakukan dalam jangka waktu 4 tahun ke depan, yang kemudian akan direview untuk perbaikan ke depan.

KARINA sudah melakukan ujicoba CI-MS ini pada tanggal 2 November 2015 pada kegiatan pertemuan staf bulanan. Walaupun baru pada tahap pengenalan dan mencoba salah satu alat kajian yang diberikan, namun para peserta sangat antusias untuk mencobanya. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah staf, direktur dan beberapa anggota badan pengurus yayasan. Selain untuk mengenal lebih dekat standar manajemen yang baru ini, para peserta juga mempelajari bersama tentang mekanisme penilaian lembaga dengan menggunakan alat kajian CI-MS yang diberikan. Proses ini dirasakan sangat bermanfaat karena semua staf terlibat dan memberi kontribusi dalam setiap proses diskusi dan uji coba kajian mandiri ini. Rencananya, kajian mandiri ini akan dilanjutkan untuk dapat menyelesaikan setiap bagian pertanyaan dari alat kajian CI-MS tersebut. YB

 

Catatan:

1. Deus Caritas Est, 31 a), Benedict XVI, 2015. Hal. 35, Seri Dokumen Gerejawi No. 83, 2007

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta