Pelatihan SPHERE Palangkaraya – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan SPHERE Palangkaraya

20/04/2017

“Tidak tahu…” Demikian jawaban yang diberikan oleh para peserta pelatihan ketika ditanyakan tentang pengertian SPHERE. Sebanyak 26 orang hadir dalam Pelatihan SPHERE yang diselenggarakan oleh Yayasan KARINA dan CRS Indonesia di Keuskupan Palangkaraya pada tanggal 27-30 Maret 2017. Para peserta adalah merupakan perwakilan dari Paroki Kuala Kapuas, Katedral dan Sampit. Fasilitator pelatihan kali ini adalah F. Sundoko (KARINA), Helmi Hamid dan Maria Josephin (CRS Indonesia), dan Ibu Salbiah.

Selama empat hari para peserta diberikan materi yang membahas tentang definisi dari ancaman, bencana, kerentanan, dan kapasitas, siklus proyek dalam tanggap darurat, pengantar standard minimum SPHERE, Piagam Kemanusiaan, isu lintas sektor, pengantar gender, prinsip perlindungan, kode etik kemanusiaan, standar inti dalam SPHERE, koordinasi dan kerjasama, akuntabilitas, standar sektoral, dan standar sandingan seperti INEE, SHEEP, LEGS, dan Child Protection.

Bapak Helmi Hamid (CRS Indonesia) sedang memaparkan materi kepada para peserta (Foto: KARINA).
Bapak Helmi Hamid (CRS Indonesia) sedang memaparkan materi kepada para peserta (Foto: KARINA).

Selain mempelajari tentang konsep dan teori dalam kegiatan kemanusiaan, para peserta juga diajak aktif berkomunikasi. Sebab, komunikasi dan kerjasama yang baik diperlukan ketika melakukan kegiatan kemanusiaan. Latihan komunikasi dan kerjasama ini diwujudkan sambil mengajak para peserta melakukan tugas-tugas kelompok. Dalam setiap sesi pelatihan, para peserta juga diajak untuk melepas kepenatan dengan cara melakukan gerakan-gerakan yang sederhana dan berhitung menggunakan bahasa daerah suku Dayak dan Batak. Pada setiap akhir pelatihan, para peserta diajak untuk melakukan evaluasi atas materi yang telah diterima dan juga materi yang masih membutuhkan penjelasan.

Dalam salah satu sesi diskusi, suasana yang hening tiba-tiba riuh oleh tawa para peserta yang pecah. Pada sesi ini, Pak Helmi memberikan beberapa pernyataan yang hanya meminta satu jawaban dari para peserta, yaitu setuju atau tidak setuju. Salah satu contoh pernyataannya adalah, dalam situasi kebencanaan warga yang ingin mendapatkan bantuan wajib menunjukkan tanda pengenal. Tawa dari para peserta lepas karena ada beberapa orang yang menjelaskan argumentasinya dengan mimik yang lucu.

Interaksi antara pemateri, Ibu Maria Josephine (CRS Indonesia) dan para peserta pelatihan (Foto: KARINA).
Interaksi antara pemateri, Ibu Maria Josephine (CRS Indonesia), dan para peserta pelatihan (Foto: KARINA).

Suara pro dan kontra terjadi pada diskusi ini. Sebagai penengah, Pak Helmi menjelaskan bahwa pada saat bencana tidak sedikit orang yang kehilangan kartu identitas. Apabila memang diwajibakan untuk menunjukkan kartu identitas, maka mereka yang kehilangan kartunya memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk memperoleh kartu identitas penggantinya.

Para peserta berfoto bersama Mgr. AM Sutrisnaatmaka, MSF, Uskup Palangkaraya (Foto: KARINA).
Para peserta berfoto bersama Mgr. AM Sutrisnaatmaka, MSF, Uskup Palangkaraya (Foto: KARINA).

Rangkaian kegiatan pelatihan ini berakhir 30 Maret 2017 dan dihadiri oleh Mgr. AM Sutrisnaatmaka, MSF, Uskup Palangkaraya. Dalam kalimat penutupnya, Mgr. Sutrisnaatmaka menyampaikan kepada para peserta agar semua pengetahuan yang didapatkan dari pelatihan ini hendaknya dibagikan kepada yang lain. Meskipun dalam masa-masa ini di wilayah Palangkaraya jarang terjadi bencana. Tak lupa beliau mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang dengan rela meluangkan waktunya untuk mengambil bagian dari kegiatan Pelatihan Sphere di Keuskupan Palangkaraya. ● Penulis: Riana, Editor: YB

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta