Pelatihan PRBOM Jaringan Karitas Regio Nusa Tenggara – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan PRBOM Jaringan Karitas Regio Nusa Tenggara

30/09/2015

Jaringan Karitas Regio Nusa Tenggara (Nusra) pada 28-30 September 2015 ini melaksanakan Pelatihan Pengurangan Risiko Bencana oleh Masyarakat (PRBOM) atau yang dikenal juga dengan Community Managed Disaster Risk Reduction (CMDRR). Pelatihan ini diadakan di Wisma SVD Labuan Bajo, Flores Barat. Pelatihan yang difasilitasi oleh staff Karitas Keuskupan Maumere, Ende, dan Ruteng ini memiliki empat tujuan yakni

  1. Mempersiapkan para fasilitator untuk mampu bekerja di tengah komunitas dalam rangka pengurangan risiko bencana.
  2. Meningkatkan kemampuan fasilitator untuk bekerja bersama komunitas dalam usaha-usaha pengurangan risiko bencana dengan cara-cara yang sistematis dan komprehensif.
  3. Memampukan fasilitator untuk menjalankan 10 langkah Pengurangan Risiko Bencana oleh Masyarakat.
  4. Meningkatkan kemampuan fasilitator dalam hal kajian risiko bencana partisipatif secara benar dan tepat. 

Hasil yang hendak dicapai oleh pelatihan yang ditujukan kepada fasilitator tingkat komunitas yang berasal dari paroki-paroki ini adalah agar para fasilitator mampu memahami konsep dan teknik fasilitasi untuk menjalankan 10 langkah Pengurangan Risiko Bencana oleh Masyarakat di tengah komunitas. Selain itu, diharapkan para fasilitator memahami cara dan praktik membuat Kajian Risiko Bencana secara partisipatif untuk mendapatkan hasil yang tepat. Disamping pemahaman tentang pembuatan kajian, para fasilitator juga diharapkan mampu memahami faktor dan keterampilan yang perlu diperhatikan dan dikuasai dalam tahapan PRBOM dan menghasilkan rencana komunitas untuk mengurangi ancaman, kerentanan, dan meningkatkan kapasitas.

Dalam kegiatan ini, setiap keuskupan mengirimkan 3 orang fasilitator komunitas pada tingkat paroki. Keuskupan-keuskupan yang terlibat adalah Keuskupan Agung Kupang, Keuskupan Agung Ende, Keuskupan Larantuka, Keuskupan Maumere dan Keuskupan Ruteng. Pelatihan ini merupakan satu dari tujuh rangkaian kegiatan pelatihan dalam satu tahun ini yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pada level komunitas dan institusi bagi Jaringan Karitas Keuskupan di Regio Nusa Tenggara.

 

Penulis: Leonardus Depa Dey – KARINA

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta