Pelatihan PCM Malino: “3M!” – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan PCM Malino: “3M!”

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia3M! Demikian kesan umumnya peserta pelatihan Project Cycle Management (PCM) di Malino-Sulawesi Selatan pada 4-8 November 2008. Melelahkan, menarik, dan menyenangkan. Dikatakan ‘melelahkan’ karena materi yang disajikan dalam pelatihan ini merupakan materi bersifat strategis, sehingga membutuhkan kreativitas berpikir. Energi dan pikiran peserta betul-betul diputar untuk membuat konsep program pelayanan kemanusiaan yang efektif, terukur, dan berdampak.

Pelatihan yang memakan waktu 5 hari efektif ini difasilitasi oleh tim fasilitator Karina-KWI yang berasal dari berbagai wilayah. Mereka Rm. Fredy Rante Taruk Pr (Karina Keuskupan Agung Makassar), Rm. Budhi Prayitno Pr (Karina Purwokerto), Yohanes Baskoro (Karina Keuskupan Agung Semarang), Eddy Loke (Karina Keuskupan Surabaya), dan Aribowo Nugroho (Karina-KWI). Sementara pesertanya berasal dari keuskupan-keuskupan di regio Sulawesi ditambah Amboina. Jumlahnya 26 orang.

Materi PCM terdiri atas serangkaian tahapan analisis untuk membentuk sebuah matriks kerangka kerja logis yang nantinya menjadi bahan pembuatan proposal dan anggaran kerja untuk program pelayanan kemanusiaan. Tahapan itu dimulai dari analisis stakeholder, analisis masalah, analisis tujuan, analisis prioritas, hingga berujung pada pembuatan matriks kerangka kerja logis (logical framework matrix) dan proposal. Mekipun tergolong sebagai topik yang terbilang lama, namun materi ini umumnya merupakan hal yang baru bagi peserta. ‘Dengan metode ini, kami bisa merancang program pelayanan yang lebih jelas dan berdampak,’ kata salah seorang peserta perempuan dari Manado. Bagaimana tidak, selama 5 hari penuh peserta diminta berpikir keras bagaimana merancang program pelayanan kemanusiaan lengkap dengan indikator keberhasilan yang tajam dan berhadapan dengan kondisi-kondis berisiko yang cukup menantang dari lingkungan eksternal.

‘Tapi tetap fun lho,’ kata seorang pastor dari Amboina. ‘Biasanya saya ikut pelatihan yang isinya ceramah melulu. Kali ini beda. Kami justru selalu ditantang untuk berpraktek. Kalau sudah bosan, ya bikin game lah!’ Ekspresi lelah bercampur puas tersirat dari rona wajahnya. Bahkan dengan mantap, peserta dari Amboina langsung menantang tim fasilitator. ‘Kapan kita bisa menggelar pelatihan ini di Keuskupan Amboina?’

Tentu saja bisa! Sampai jumpa di Pelatihan PCM berikutnya.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta