Pelatihan FM-7 di Kemang – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan FM-7 di Kemang

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia‘Everything is A ha for me!’ Melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan keuangan terkadang membuat orang stress. Baru mendengar kata ‘keuangan’ saja sudah banyak orang pergi menghindar. Itulah yang hendak dilawan oleh Mango dengan slogan ‘Taking the fear out of finance’.

Dua belas staf Karina-KWI serta 3 orang dari jaringan Karitas Indonesia di beberapa keuskupan mengikuti kegiatan pelatihan yang bertajuk ‘FM7: Financial Accountability vs Saving Lives? – Financial Management for Humanitarian Programme Staff’. Kegiatan yang berlangsung pada 13-14 November 2008 ini bertempat di Hotel Grand Flora, Jakarta Selatan. Pelatihan ini merupakan inhouse training yang diselenggarakan Karina-KWI bekerja sama dengan Mango, sebuah lembaga swadaya masyarakat dari Inggris yang memfokuskan programnya pada peningkatan kapasitas manajemen keuangan LSM.

Karina - Caritas IndonesiaMateri yang disajikan dalam pelatihan ini berkaitan erat dengan pengelolaan keuangan untuk program-program kemanusiaan pada masa tanggap darurat (emergency response). Dalam proses diskusi yang terjalin selama pelatihan, terungkap beberapa fenomena yang acap ditemukan dalam implementasi program sehari-hari. Misalnya, tuntutan untuk mencari 3 quotation (penawaran) dari vendor untuk pengadaan logistik dengan tingkat harga tertenu, kedisiplinan melakukan pencatatan distribusi, kewajiban pembuatan laporan atas advance yang sudah diberikan, dan sebagainya.

Ternyata memang benar. Meskipun materi pelatihan berlabel ‘keuangan’, dinamika yang terjadi selama pelatihan berlangsung sangatlah menyenangkan. Dikarenakan metode dikemas secara atraktif dan interaktif. Fasilitator pelatihan, Debbie Pitt, selalu berupaya menggali dan memprovokasi peserta untuk mengeluarkan ide, pandangan, serta pengalamannya dalam pengelolaan keuangan untuk program-program tanggap darurat.

Salah satu peserta, Rm. Budhi Prayitno Pr. dari Karina Purwokerto, yang mengaku belum lama berkecimpung dalam bidang pelayanan kemanusiaan mengaku bahwa semua materi yang diperolehnya sungguh-gungguh merupakan sesuatu yang baru baginya. ‘Everything is a ha for me!’ katanya disertai dengan mimik lucu yang disambut tawa peserta-peserta lainnya.

Penguatan kapasitas manajemen keuangan bagi pelayanan kemanusiaan merupakan salah satu orientasi kerja Karina-KWI dalam beberapa tahun kedepan, saat ini Karina-KWI tengah menggodok modul-modul khusus untuk standar manajemen keuangan bagi pelayanan kemanusiaan jaringan Karitas Indonesia. Oleh karenanya, selain bertujuan meningkatkan kapasitas staf Karina-KWI, pelatihan ini juga sebagai media pembelajaran untuk persiapan penyusunan modul tersebut.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta