Peduli Bencana Gempa di Lombok – Caritas Indonesia – KARINA

Peduli Bencana Gempa di Lombok

09/08/2018
St Immaculate Parish Church Mataram-1

Sejak gempa 6,4 SR yang terjadi di Lombok pada tanggal 29 Juli 2018, Tim Tanggap Darurat Keuskupan Denpasar (TTD-KD) bergerak untuk menyapa dan membantu meringankan beban para penyintas gempa. TTD-KD kemudian melakukan kajian kebutuhan untuk menentukan intervensi dan pelayanan apa yang akan diberikan kepada para penyintas. Berdasarkan hasil kajian, TTD-KD kemudian memusatkan perhatian di salah satu tempat terdampak parah di wilayah Dusun Torean, Desa Loloan, Lombok Utara.

TTD-KD telah mengajukan permohonan bantuan kepada KARINA untuk menyediakan paket hygiene kits untuk 188 kepala keluarga. Selain itu KARINA juga memberikan pendampingan teknis bagi TTD-KD untuk melakukan kajian cepat, koordinasi dengan jejaring gereja Katolik, dan merencanakan respon lanjutan. Dalam waktu seminggu ke depan, KARINA akan mengirimkan 6 personil tambahan yang terdiri dari staf 2 orang dan 4 relawan dari Caritas Keuskupan untuk membantu TTD-KD. Personil tambahan ini akan membantu TTD-KD untuk menyelesaikan proses distribusi hygine kits untuk 188 KK, monitoring, kajian baru untuk gempa 7 SR dan menyiapkan media center di Paroki Mataram.

Data per 9 Agustus 2018
Data per 9 Agustus 2018

Gerakan belarasa juga terjadi sangat masif di lapangan, respon jejaring Gereja Katolik wilayah Keuskupan Denpasar terlihat cukup solid dan cepat. Gereja Katolik Paroki St. Maria Imaculata bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi NTB mendistribusikan logistik berupa beras di 7 titik di Lombok Barat dan Lombok Timur. Untuk layanan medis, PERDHAKI mengirimkan tambahan 3 orang dokter untuk diperbantukan di RS. St. Antonius, Ampenan. Pos pelayanan kesehatan tersedia di dekat gedung Sekretariat Paroki St. Maria Imaculata, Kota Mataram. Keuskupan Malang memberikan bantuan berupa 150 tenda, 600 lembar alas tidur, perlengkapan mandi, dll.

Kebutuhan mendesak yang masih dirasakan adalah perlunya perlengkapan kebersihan pribadi dasar, selimut, matras, terpal untuk dinding tenda, obat nyamuk, minyak angin dan minyak telon, dan kelambu. Salam #BelarasaKita! ‚óŹ

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta