Pasca Banjir di Belitung – Caritas Indonesia – KARINA

Pasca Banjir di Belitung

24/07/2017
2ae442ac-7de3-411f-ac53-a7680c954182-1

Banjir yang terjadi di Belitung dan Belitung Timur pada minggu lalu sudah berlalu. Namun demikian, dampaknya masih terasa di beberapa sudut wilayah yang terkena banjir. Masyarakat mulai membersihkan tempat tinggalnya dari sisa-sisa sampah yang terbawa arus air dan mulai mengeluarkan barang-barang yang basah untuk dijemur. Kehidupan manusianya mulai bergerak kembali secara perlahan pasca banjir yang terjadi tanggal 14 Juli lalu.

Segera setelah banjir terjadi, Gereja Paroki Tanjung Pandan melakukan respon kemanusiaan awal yang dipimpin oleh Pastor Andre Lemoro – PSE Keuskupan Pangkal Pinang. Beliau meminta dukungan dari KARINA KWI untuk bersama melakukan kajian mendalam. Pada tanggal 19 Juli 2017, Tim KARINA yang dipimpim oleh Bapak F. Sundoko sampai di lokasi terdampak untuk menambah kekuatan Paroki. Kegiatan ini dibantu secara langsung oleh Mas Budi Satmiko, seorang relawan dari YPSK (Yasasan Pembinaan Sosial Katolik) / Caritas Keuskupan Tanjung Karang, yang diperbantukan untuk melakukan kajian mendalam.

Budi Satmoko (berkaos merah) melakukan kajian mendalam di lokasi terdampak (foto: KARINA).
Budi Satmoko (berkaos merah) melakukan kajian mendalam di lokasi terdampak (foto: KARINA).

Kajian mendalam ini dapat dilakukan secara efektif mulai tanggal 21 – 23 Juli 2017 dengan tujuan untuk mengetahui prioritas kebutuhan penduduk yang terkena bencana. Kegiatan ini dilakukan di 3 Desa di Kecamatan Gantung (Desa Selingsing, Desa Lenggang, dan Desa Gantung), Kabupaten Belitung Timur, Bangka Bangka Belitung. Berdasarkan dari hasil dari kajian tersebut, semua responden mengaku sudah mendapatkan bantuan dari beberapa lembaga swadaya masyarakat dan pemerintah.

Air bersih masih menjadi isu yang paling mendasar. Banyak para penyintas yang membutuhkan air bersih untuk kegiatan sehari-hari, mulai dari mandi, memasak, mencuci, dll. Kekurangan air bersih mengakibatkan masyarakat akan menggunakan air seadanya untuk kebutuhannya. Hal ini dapat berdampak buruk, mengingat air sisa dari banjir mempunyai kualitas yang sangat buruk dan dapat mengganggu kesehatan apabila dikonsumsi.

Seorang ibu membersihkan perabotan rumah tangga menggunakan air genangan sisa banjir (Foto: KARINA).
Seorang ibu membersihkan perabotan rumah tangga menggunakan air genangan sisa banjir (Foto: KARINA).

Sampai dengan informasi ini diturunkan, masyarakat terdampak masih membutuhkan beberapa barang di bawah ini untuk memulihkan kondisinya:
• Bahan pangan (Beras,Minyak,Lauk,Gula pasir:
• Bahan Bakar dan perlengkapan memasak
• Hygiene Kit
• tempat penampung air
• air bersih
• alas tidur
• Selimut/sarung

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta