Paket Kebersihan untuk Banjir Belitung – Caritas Indonesia – KARINA

Paket Kebersihan untuk Banjir Belitung

31/07/2017
234fb831-a8e9-4443-aacc-eea0344103d32-1

Dua minggu pasca banjir besar yang melanda wilayah Kabupaten Belitung, banyak lembaga dari pihak pemerintah maupun non pemerintah membantu warga terdampak untuk memulihkan diri. Pada periode waktu tersebut, Yayasan KARINA bersama Keuskupan Pangkal Pinang yang dibantu oleh para relawan dari Paroki Tanjung Pandan membantu para warga terdampak dengan membagikan paket kebersihan. Hal ini menjadi bagian yang penting sebab di beberapa rumah warga masih terdapat banyak lumpur dan sampah yang terbawa oleh arus banjir. Dengan paket kebersihan yang dibagikan, kami berharap warga dapat membersihkan rumahnya dan menghindarkan diri mereka dari berbagai macam penyakit yang mungkin timbul.

Wilayah yang menjadi sasaran untuk membagikan paket kebersihan adalah adalah para warga di Kampung Bugis di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung. Lokasi ini dipilih karena Kampung Bugis merupakan salah satu wilayah yang terdampak paling parah pada saat bencana banjir tanggal 14 Juli lalu. Rumah-rumah warga sempat terendam banjir setinggi 2 meter yang akhirnya mengakibatkan 394 jiwa mengalami kesulitan air bersih setelah banjir surut. Berdasarkan kajian kebutuhan yang dilakukan pada tanggal 21-23 Juli, maka Tim Tanggap Darurat Gabungan Yayasan KARINA dan Keuskupan Pangkal Pinang menentukan paket kebersihan yang terdiri dari alat kebersihan keluarga, sarung, matras dan perlengkapan kebutuhan wanita. Barang-barang tersebut dibagikan ke dalam bentuk paket-paket untuk 115 kepala keluarga yang tinggal di Kampung Bugis.

Tim Keuskupan dan para relawan menyiapkan paket-paket bantuan kebersihan yang akan dibagikan kepada warga terdampak (Foto: KARINA).
Tim Keuskupan dan para relawan menyiapkan paket-paket bantuan kebersihan yang akan dibagikan kepada warga terdampak (Foto: KARINA).

Semua paket bantuan dibagikan dengan tertib pada tanggal 27 Juli 2017. Mereka yang sudah mendapatkan kupon dari panita, kemudian mengantri untuk menukarkan kupon dengan paket bantuan yang sudah disiapkan panitia. Sebagai bentuk dari respon kemanusiaan yang akuntabel, maka para penerima manfaat diminta untuk mencatatkan identitas dirinya. Hal ini dimaksudkan supaya tidak ada tumpang tindih pemberian bantuan, baik yang dilakukan oleh Tim Keuskupan maupun dengan pihak lain. Selama respon tanggap darurat berlansung, Tim Keuskupan dibantu secara langsung oleh Budi Satmiko, tenaga relawan dari YPSK (Yasasan Pembinaan Sosial Katolik) / Caritas Keuskupan Tanjung Karang.

Selain masalah sanitasi, hasil kajian tim lapangan juga menemukan adanya kebutuhan perlengkapan tidur untuk warga terdampak. Kerja kemanusiaan di wilayah Keuskupan Pangkal Pinang belum usai, Tim Keuskupan masih perlu merencanakan kegiatan berikutnya yang lebih mengutamakan sistem monitoring serta melaporkannya kepada para pendonor, baik individu maupun kelompok. Hal ini menjadi bukti sikap tanggung jawab atas mandat yang diberikan oleh orang-orang yang telah memberikan bantuan. Juga, menjadi bukti bahwa respon kemanusiaan yang dilakukan oleh Gereja Katolik dapat dipercaya. ‚óŹ Aryo

Warga terdampak mengantri untuk menukarkan kupon dengan paket-paket bantuan (Foto: KARINA).
Warga terdampak mengantri untuk menukarkan kupon dengan paket-paket bantuan (Foto: KARINA).
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta