Merespon Bencana Tanah Longsor Maliwowo (11/05/2017) – Caritas Indonesia – KARINA

Merespon Bencana Tanah Longsor Maliwowo (11/05/2017)

13/05/2017
WhatsApp Image 2017-05-13 at 15.50.45

Tanah longsor terjadi pada Jumat, 05.56 Wita, di Desa Maliwowo, Kec. Angkona, Kab. Luwu timur, Propinsi Sulawesi Selatan. Korban meninggal ada 7 orang dan masih ada 3 orang dilaporkan hilang. Longsor disebabkan oleh hujan deras yang terjadi pada hari Kamis malam, 11 Mei 2017 di wilayah Angkona.

Setelah mendapat kabar dari Pastor Fredi, Tim Tanggap darurat Caritas Keuskupan Agung Makassar menuju lokasi tanah longsor untuk berkoordinasi dengan Pastor Paroki, Pastor Rovinus Rampun, Pr. Lokasi kejadian tersebut berada di wilayah Paroki Santa Maria Ratu Rosari Rantetiku. Berdasarkan keterangan Pastor Paroki yang memantau aktivitas di lokasi, pemerintah Kabupaten Luwu Timur sudah mengerahkan personil dari Dinas Sosial, Satpol PP, dan Polisi (Brimob).

Dua pos pengungsian (di Kantor Desa dan balai Desa Maliwowo) dan satu dapur umum sudah didirikan. Posko-posko tersebut menampung sebanyak 20 keluarga yang diungsikan untuk mengantisipasi longsor susulan. Ada sekitar 60 KK yang terancam longsor susulan dan sudah diungsikan ke Desa Watangpanua, desa terdekat yang wilayahnya lebih aman. Alat berat sudah diterjunkan ke lokasi terdampak untuk membuka Jalan Trans Sulawesi yang terputus akibat longsoran tersebut.

TIm Caritas Makassar sedang bersama warga setempat melakukan kajian (Foto: istimewa)
TIm Caritas Makassar bersama warga setempat melakukan kajian (Foto: istimewa)

Pasca tanah longsor, kondisi tanah masih labil. Jaringan listrik di wilayah tersebut sempat terganggu oleh tanah longsor yang terjadi dua kali secara berurutan. Jaringan listrik sudah kembali normal pada sore harinya. Namun demikian, akses Jalan Trans Sulawesi belum dapat dilewati. Masyarakat juga diminta untuk terus mewaspadai adanya longsor susulan.

Menurut Pastor Rovinus, kondisi terkini yang dapat terpantau adalah adanya retakan tanah di sekitar lokasi terdampak. Pemerintah setempat masih melarang warga sekitar untuk mendekat ke sekitar lokasi tanah longsor menginat masih adanya gerakan tanah yang terjadi. Sebuah mobil yang mengangkut bantuan makanan sudah terpantau menuju lokasi pengungsian. Hujan dengan intensitas ringan-sedang masih terjadi dari sore hingga malam hari. (Sumber informasi: Pastor Rovinus Rampun, Pr. Paroki Sta. Maria Ratu Rosari Rantetiku, dan media cetak/elektronik).

Warga Terdampak Langsung

Tewas                   : 7 Orang

Terluka                 : 7 Orang

Rumah Rusak     : 7 Rumah

Pengungsi           : 80 KK Warga Dusun Harapan Makmur, Desa Maliwowo.

 KEBUTUHAN MENDESAK

Bantuan Non Pangan: selimut, minyak angin, dan alas tidur.

RESPON CARITAS KEUSKUPAN AGUNG MAKASSAR

  • Berkoordinasi dengan Pastor Paroki
  • Mengumpulkan dan diseminasi informasi
  • Melakukan Kajian Cepat di wilayah terdampak

RESPON KARINA

1 staff KARINA diperbantukan ke lokasi kejadian untuk membantu Tim Kajian CARITAS KEUSKUPAN AGUNG MAKKASAR melakukan kajian awal.

KONTAK

Aryo Saptoaji (KARINA): aryo@karina.or.id / 0822-1476-3822

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta