Merenda Masa Depan Caritas Asia (Lokakarya Penyusunan Rencana Strategis Caritas Asia, Sub-regio Asia Tenggara) – Caritas Indonesia – KARINA

Merenda Masa Depan Caritas Asia (Lokakarya Penyusunan Rencana Strategis Caritas Asia, Sub-regio Asia Tenggara)

30/09/2016

 

Pada tanggal 8-9 September 2016, 2 staff KARINA, Adrianus Suyadi, SJ dan Eva Sitorus, mengikuti Lokakarya Sub-regio Caritas Asia Tenggara untuk penyusunan Rencana Strategis (RS) Caritas Asia 2017-2020. Lokakarya yang bertempat di Camelian Pastoral Service Center, Bangkok, Thailand ini bertujuan untuk mendapatkan masukan-masukan tentang arah strategis Caritas Asia untuk empat tahun ke depan (2017-2020). Lokakarya dua hari ini difasilitasi oleh Aloysius John, Liaison Officer Caritas Internationalis untuk Asia dan Oceania, dibantu oleh Dr. Benedict Alo Rozario, Team Leader RS Caritas Asia dan Zar Gomez, Coordinator Caritas Asia.

Sesi lokakarya diawali dengan analisis konteks sosial-kemanusiaan universal dan Asia, kemudian dilanjutkan dengan melihat arah dan rencana strategis Caritas Internationalis 2015-2019, oleh Aloysius John. Zar Gomez mempresentasikan hasil evaluasi Rencana Strategis Caritas Asia sebelumnya (2012-2014) dan Dr. Benedict menyampaikan proses penyusunan Rencana Strategis Caritas Asia 2017-2020.

Ada beberapa isu penting yang ditemukan dari analisis konteks global dan Asia yang mempengaruhi karya-karya pelayanan sosial-kemanusiaan Caritas. Pertama, isu krisis iklim dan kerentanan iklim (perubahan iklim) menjadi isu besar yang berdampak bagi Negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Kedua, isu pengungsi dalam negeri dan lintas negara sebagai akibat dari konflik dan bencana alam juga banyak dihadapi oleh Negara-negara kawasan ini. Ketiga, kegiatan-kegiatan lintas iman di kawasan ini penting karena pluaritas agama dan kepercayaan yang ada. Kegiatan lintas iman ini hendaknya memperhatikan etika kemanusiaan dalam bekerjasama dengan lembaga-lembaga kemanusiaan berbasis iman. Keempat, isu keamanan pangan dan makanan sehat juga relevan dengan adanya ancaman masalah-masalah kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat miskin. Kelima, isu pembangunan materiil yang seringkali mengesampingkan nilai-nilai spiritual. Keenam, isu pertumbuhan ekonomi yang hanya menguntungkan segelintir orang dan mengabaikan kebutuhan-kebutuhan masyarakat miskin yang banyak jumlahnya.

Berdasarkan konteks tersebut dan mempertimbangkan kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman yang dimiliki oleh anggota Caritas Asia, maka ditetapkan 3 prioritas isu-isu strategis sub-regio Asia Tenggara yang akan dijawab untuk 4 tahun ke depan, yakni:

  1. Isu kelembagaan, meliputi pembangunan kapasitas dan berbagi pembelajaran, Standar Minimum Caritas Internationalis untuk sub-regio, dan kerjasama kekeluargaan berdasarkan prinsip-prinsip kemitraan.
  2. Isu program, meliputi perubahan iklim, pengurangan risiko bencana, pengelolaan tanggap darurat, pembangunan manusia yang integral, perdagangan manusia dan perpindahan manusia (migrasi).
  3. Isu lintas sektor, meliputi keberlanjutan lembaga dan keuangan, kerjasama dengan lembaga-lembaga sejenis, advokasi dan komunikasi serta dialog antar agama/kepercayaan dengan lembaga-lembaga berbasis agama lainnya untuk membawa perdamaian.

Tiga prioritas isu tersebut, kemudian diterjemahkan dalam 16 tujuan strategis ke depan, yakni sebagai berikut:

  1. Memperkuat profesionalisme dan efektifitas 23 anggota Caritas Asia dalam bidang kepemimpinan dan menejemen lewat peningkatan kapasitas dan berbagi pembelajaran baik (isu kelembagaan).
  2. Mengelaborasi komunitas sarana praktek (isu kelembagaan).
  3. Mendukung dan mendampingi anggota konfederasi Caritas Asia dalam pemenuhan Standar Minimum Caritas Internationalis (isu kelembagaan).
  4. Mempromosikan kerjasama kekeluargaan antara anggota konfederasi di Asia dan tempat lain melalui dialog terbuka dan saling memahami satu sama lain berdasarkan prinsip-prinsip kemitraan Caritas (isu kelembagaan).
  5. Meningkatkan kapasitas kelembagaan bagi anggota konfederasi dalam pengembangan program atau proyek yang berperspektif perubahan iklim, pengurangan risiko bencana, dan tanggap darurat (isu program)
  6. Menyediakan dana bersama untuk kebutuhan mendesak tanggap darurat (isu program).
  7. Membuat pemetaan sumber daya manusia untuk menjawab kebutuhan tanggap darurat dan membuat tim tanggap darurat regional (isu program).
  8. Mendukung anggota konfederasi untuk memahami dan mengaplikasikan konsep pembangunan manusia yang integral dalam kerangka kerja dan program-program pelayanan pastoral (isu program).
  9. Mempromosikan program pengembangan manusia yang integral dalam karya pembangunan (isu program).
  10. Menginstitusikan mekanisme koordinasi di tingkat regional dalam menjawab isu-isu pengungsi internal, migrasi dan perdagangan manusia (isu program).
  11. Mempromosikan dan berperan serta dalam upaya-upaya advokasi dan komunikasi di tingkat regional maupun sub-regional untuk menjawab masalah-masalah migran dan isu-isu sosial lainnya (isu program).
  12. Memfasilitasi upaya-upaya yang terkoordinir untuk pengembangan rencana keberlanjutan lembaga dan keuangan regional, lewat penggalangan dana publik (isu lintas sektor).
  13. Penguatan kapasitas untuk membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga yang mempunyai misi yang sejenis (isu lintas sektor).
  14. Menciptakan sistem komunikasi regional – platform untuk berbagi dan bertukar informasi (isu lintas sektor).
  15. Menyelenggarakan kegiatan advokasi dengan mengidentifikasikan dan mengimplementasikan isu advokasi atau kampanye tingkat regional (isu lintas sektor).
  16. Terlibat dan bekerjsama dalam program dan flatform dialog agama (isu lintas sektor).

Proses penyusunan perencanaan strategis Caritas Asia ini masih akan berlanjut dengan mengadakan kegiatan yang sama untuk anggota konfederasi dari Asia Tengah dan Asia Timur. Proses yang sama sudah dilakukan untuk anggota konfederasi dari Asia Selatan. Caritas Asia beranggotakan 23 Caritas Nasional dari 23 negara di Asia. Dalam keberagaman latar belakang, bangsa, agama, kebudayaan dan perbedaan lainnya, anggota konfederasi berkomitmen untuk bekerja sama saling membantu dalam upaya berbagi kasih dengan masyarakat yang menderita di wilayah ini dalam semangat “One Human Family Caring for All”. *** Admin.

Foto: KARINA

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta