Menuju Ketangguhan di Malang – Caritas Indonesia – KARINA

Menuju Ketangguhan di Malang

14/07/2017

Keuskupan Malang berada di Propinsi Jawa Timur bagian timur yang membawahi 30 gereja paroki. Dilihat dari topografinya, kabupaten/kota di wilayah Keuskupan Malang dapat dibedakan menjadi tiga wilayah dataran, yakni dataran tinggi, sedang dan rendah. Bentuk topografi ini berpotensi menjadi sumber ancaman seperti, abrasi, angin kencang, banjir dan longsor, gempa bumi dan bahkan erupsi gunung api. Berdasarkan laman Data dan Informasi Bencana Indonesia, disebutkan bahwa sebanyak 577 kejadian bencana terjadi wilayah Keuskupan Malang. Hal tersebut menyebabkan 75.000 jiwa mengungsi dan 121 jiwa meninggal dunia dalam kurun waktu 10 tahun.

Kondisi yang rentan bencana tersebut, membuat Komisi Tim Solidaritas Kemanusiaan Keuskupan Malang (TSKKM) berupaya meningkatkan kapasitas relawan dan umat paroki untuk kesiapsiagaan bencana. Hal ini seturut dengan salah satu mandat Gereja untuk bertanggung-jawab melibatkan diri dalam panggilan kemanusiaan demi keutuhan alam ciptaan. Komisi TSKKM bekerjasama dengan Yayasan Karina dan CRS Indonesia dalam program peningkatan kapasitas untuk tanggap darurat. Kegiatan di Malang diawali dengan pelatihan Standar Sphere untuk membekali para relawan dan umat dalam memahami kegiatan tanggap darurat yang akan dilaksanakan.

Para peserta pelatihan melakukan simulasi dengan kartu (Foto: Aryo/KARINA)
Para peserta pelatihan melakukan simulasi dengan kartu (Foto: Aryo/KARINA)

Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 15-18 Juni 2017 di Rumah Retret Wisma Shyanti Lawang, Malang. Hadir sebanyak 25 orang peserta yang berasal dari 9 paroki yang berada di wilayah rentan bencana, perwakilan dari tiga tarekat kesusteran (Alma, SPM, dan Misericordia), staf KARINAKAS, dan staf Yayasan KARINA. Selain materi manajemen penanggulangan bencana secara umum, para peserta juga diberikan materi tentang standar respon kemanusiaan, prinsip perlindungan, kode etik pekerja kemanusiaan, dan isu lintas sektor. Pada pelatihan ini juga diberikan materi tentang isu gender untuk memahami peran laki-laki dan perempuan, khususnya dalam situasi tanggap darurat.

Tim fasilitator mengemas materi-materi pelatihan dengan cukup menarik. Para peserta diajak untuk melakukan beberapa permainan dan simulasi kecil tentang kegiatan respon kemanusiaan. Untuk lebih memahami materi yang diberikan, para peserta juga melakukan diskusi, sharing, dan review dalam kelompok-kelompok.

Suster Marcelina dari Alma berharap,  “setelah mengikuti pelatihan ini, saya mendapatkan tambahan pengetahuan tentang respon kemanusiaan. Jadi, di saat kami akan membantu, bukan hanya sekedar memberi (bantuan) logistik, namun perlu memahami standar kemanusiaan yang berlaku”. Sementara itu, Romo Agung, Pastor Paroki Batu menyampaikan, “sebagai seorang imam diakon, saya mendukung kegiatan umat dalam hal respon kemanusiaan ini. Saya harap dengan berlatih seperti ini, para relawan dan umat menjadi lebih siap dalam (menghadapi) situasi yang nyata”.

Bapak F. Sundoko, Koordinator Unit ER Yayasan KARINA (kiri), menjelaskan materi pelatihan kepada para peserta (Foto: Aryo/KARINA)
Bapak F. Sundoko, Koordinator Unit ER Yayasan KARINA (kiri), menjelaskan materi pelatihan kepada para peserta (Foto: Aryo/KARINA)

Kegiatan pelatihan ditutup oleh Romo A. Maryanto, O.Carm., selaku Ketua Komisi TSKKM, dengan menyerahkan sertifikat keikutsertaan kepada para peserta. Beliau berpesan kepada para peserta untuk terus menjaga komitmen kerja kemanusiaan di wilayah Keuskupan Malang. Termasuk mengikuti rangkaian pelatihan dari Program CAPABLE yang akan datang. Satu harapan besar yang digaungkan oleh semua peserta adalah bahwa terjalin jejaring kerjasama antar lingkungan dan umat dalam merespon kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Sehingga, kemitraan ini dapat meningkatkan kapasitas keuskupan untuk merespon bencana secara lebih berkualitas, tepat waktu, dan sesuai dengan standar kemanusiaan. ● Aryo

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta