Menjadi Siap untuk Bisa Siaga – Caritas Indonesia – KARINA

Menjadi Siap untuk Bisa Siaga

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia‘Perhatian para warga, terdengar suara gemuruh longsor dari bukit, harap para warga segera mempersiapkan diri untuk mengevakuasi dirinya. Bawa tas siaganya…..’ Penduduk mulai berlarian, membawa barang-barang yang ingin diselamatkan dari rumahnya, Masing-masing mencoba menyelamatkan harta bendanya. Semua menuju tempat aman yang disepakati. Korban-korban bermunculan, ada yang disebabkan terkena runtuhan tempat tinggalnya, atau dalam usaha menyelamatkan diri.

Begitulah suasana simulasi yang dilakukan para peserta pelatihan Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat, yang diadakan di Rumah Retreat Kesusteran TMM, Wayare, Ambon tanggal 4 – 8 Oktober 2010. Pelatihan ini diikuti oleh 22 orang fasilitator-fasilitator dan penggiat Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Caritas Amboina, Caritas Purwokerto, dan Caritas Makassar.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Pengurangan Risiko Bencana yang dilaksanakan di masing-masing Caritas Keuskupan. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar Caritas Keuskupan memiliki pengetahuan tentang kesiapsiagaan tanggap darurat, melakukan manajemen operasi tanggap darurat dan pada akhirnya membagi pengetahuan yang mereka dapatkan tersebut kepada komunitas dampingannya masing-masing.

Dalam pelatihan ini peserta dibekali pengetahuan tentang bagaimana menyiapkan sistem peringatan dini, tempat aman, dan rencana evakuasi. Peserta juga diajak untuk mengetahui standar umum respon dan bagaimana mengelola manajemen operasi tanggap darurat. Tidak hanya itu peserta juga diperkenalkan dengan formulir tanggap darurat (sebelum bencana, pada saat bencana, dan setelah bencana). Selanjutnya untuk bisa mengaplikasikan pengetahuan-pengetahuan yang mereka dapatkan, pada hari ke empat peserta diajak untuk membuat rencana operasi tanggap darurat dan melakukan simulasi dari rencana yang mereka rancang.

Setiap malam peserta diajak untuk berlatih tentang PPGD (Penanganan Penderita Gawat Darurat). Bagaimana melakukan balut bidai, evakuasi korban, dan transportasi korban.

Pelatihan selama 5 hari diakhiri dengan pembuatan Rencana Tindak Lanjut dari masing-masing Caritas Keuskupan. Karina berharap RTL yang mereka susun dapat dilaksanakan di tempat masing-masing dan keuskupan menjadi lebih siap dan siaga dalam menghadapi bencana.

Pelatihan Kesiapasiagaan dan Tanggap Darurat, Wayare, 4 – 8 Oktober 2010. (Stella Bazuki, staff unit DRR Karina)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta