Mengejar Pendidikan dalam Keterbatasan – Caritas Indonesia – KARINA

Mengejar Pendidikan dalam Keterbatasan

13/02/2018
Sctv Sintang2-1

Salah satu modal pembangunan nasional adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Pendidikan adalah salah satu pilar yang mendukung pencapaian tersebut. Akan tetapi, tidak semua anak Indonesia mendapatkan sarana dan prasarana pendirikan yang memadai saat ini. Keterbatasan fasilitas gedung sekolah dan perlengkapan belajar anak-anak dapat menghambat semangat mereka untuk terus belajar. Melihat semua keterbatasan ini, maka Caritas Keuskupan Sintang dan KARINA KWI terpanggil untuk mengatasi keterbatasan tersebut dengan mengirimkan proposal bantuan peralatan sekolah kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPAPK) SCTV-Indosiar.

Permohonan tersebut dijawab oleh YPAPK SCTV-Indosiar dengan mengirimkan bantuan langsung ke Sintang pada tanggal 8-9 Februari 2018. Medan yang berat tidak menyurutkan Tim YPAPK dan Caritas Sintang untuk menyapa anak-anak di pedalaman Kabupaten Sintang. Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan kepada anak-anak, Tim YPAPK memberikan 472 paket pendidikan dalam bentuk tas, buku, pulpen, pensil, pensil warna, penggaris, rautan, karet penghapus, dan kotak pensil, yang dibagikan kepada para siswa-siswi SDN 25 Gurung Peningkah, SDN 22 Lubuk Besar, SDN 32 Lubuk Leban, SDN 09 Sungai Buaya, dan SMPN 6 Kayan Hilir, Kecamatan Kayan Hulu.

Anak-anak Sungai Gerung pulang  sekolah (Dok. YPAPK SCTV-Indosiar).
Anak-anak Sungai Gerung pulang sekolah (Dok. YPAPK SCTV-Indosiar).

 

Pembagian paket bantuan pendidikan di SDN 25 Gurung Peningkah (Foto: Caritas Sintang).
Pembagian paket bantuan pendidikan di SDN 25 Gurung Peningkah (Foto: Caritas Sintang).

 

Siswa-siswi SDN 22 Lubuk Besar mengecek alat tulis yang dibagikan (Foto: Caritas Sintang).
Siswa-siswi SDN 22 Lubuk Besar mengecek alat tulis yang dibagikan (Foto: Caritas Sintang).

Penyerahan paket peralatan belajar ini disambut gembira oleh anak-anak, pihak sekolah, dan juga para Kepala Adat. Melalui bantuan ini para siswa, sekolah dan masyarakat merasa disapa meskipun mereka berada di daerah pedalaman. “Terimakasih kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih SCTV-Indosiar dan semua pihak atas bantuan alat sekolah yang diberikan kepada siswa-siswi kami. Hal ini merupakan salah satu kesulitan para siswa di sini. Dan yang mengharukan kami,  walaupun sekolah kami di daerah yang terpencil namun masih ada yang peduli,” ungkap Kepala Sekolah SDN 25 Gurung Peningkah dalam kata sambutannya. Siswa-siswi yang mendapatkan paket pendidikanpun terlihat sangat bahagia. Mereka tak henti-hentinya melihat dan memandangi barang-barang yang mereka terima dari Tim YPAPK.

Dari program ini kita bisa merasakan bahwa kita mungkin tidak selalu dapat memberikan masa depan yang baik kepada anak-anak yang tinggal di daerah pedalaman, tetapi kita dapat menemani dengan segala cara untuk membangun masa depan mereka sendiri. Semoga bantuan ini dapat menjadi penyemangat anak-anak dalam proses belajar di sekolah dan di rumah. Sehingga mereka dapat mempersiapkan masa depan mereka yang lebih baik. ● Dini

*) Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama YPAPK SCTV-Indosiar, Caritas Sintang dan KARINA KWI dalam mewujudkan mimpi anak-anak sekolah.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta