Memupuk Harapan di Lahan Demo-Plot – Caritas Indonesia – KARINA

Memupuk Harapan di Lahan Demo-Plot

20/11/2014

Setelah pemberian bibit tomat dan pupuk dari karitas (Caritas PSE KAM), kami sudah panen 3 kali. Tiga bulan sekali kami sudah bisa petik hasilnya,’ ucap Magdalena (43 thn), dalampercakapan kami. Tanaman tomat ini ditanam di sebuah lahan percontohan (demo-plot) di Desa Batu Karang yang memang khusus dibuat dalam fase program rehabilitasi yang dilakukan oleh Caritas PSE KAM. Demo-plot ini juga menjadi tempat bagi warga Desa Selandi Lama untuk dapat menjalani aktivitas harian di ladang. 

Setiap kali panen, warga dapat mengumpulkan 500 Kg tomat. Namun, ketika dijual ke pasar, harga perkilonya hanya mencapai Rp 4,800. Bibit dan pupuk dari Caritas PSE KAM ini sungguh membantu para warga untuk dapat kembali ke kehidupan normalnya. Walaupun hanya bekerja di demo-plot, namun mereka bisa menghabiskan waktu di ladang dan mengusir rasa jenuh setelah sekian lama tinggal di tempat pengungsian. Hal ini disebabkan karena hampir sebagian besar lahan mereka belum siap untuk ditanami karena masih tertutup sisa abu erupsi Gunung Sinabung.

 

Pada demo-plot di Batu Karang ini, tomat dan cabai menjadi tanaman utamanya. Sementara kacang, brokoli dan bawang ditanam sebagai tanaman antara setelah panen tomat atau cabai. Bawang yang saat ini ditanam tidak untuk dijual dahulu, namun akan dikembangkan menjadi bibit-bibit bawang. Hasil dari bibit-bibit yang sudah ditanam ini nanti yang akan dijual. Pada demo-plot ini, setiap satu jalur lahan tanah bisa ditananami hingga 6 jenis tanaman. Sehingga, hari ini bisa panen satu tanaman, lalu minggu depan bisa panen tanaman yang lain.

Menurut bapak Antoni Bangun (52 thn), bibit cabai dari karitas ini lumayan bisa bertahan dalam kondisi tanah yang ada sekarang. Dengan menggabungkan metode organik, bibit ini lumayan baik perkembangannya. ‘Sudah beberapa kali dites dengan bibit yang lain, namun biasanya bibit tersebut mati. Sedangkan untuk bibit karitas ini, sudah ada tanda-tanda untuk mulai berkembang. Jadi, bisa ditunggu dan dilihat perkembangannya (apakah bibit tersebut bisa berbuah dengan baik nantinya)’, kata Pak Antoni. 

Dalam perjalanan evaluasi ini, rombongan dari Caritas PSE KAM dan KARINA juga mendapat kesempatan untuk melihat proses memanen tomat. Tomat panenan dari ladang demo-plot Batu Karang ini sungguh baik dan segar. Untuk kedepannya, para warga masih menunggu hasil panen tomat yang keempat (diperkirakan akan jatuh pada bulan November). Namun karena terjadi erupsi pada tanggal 5-7 Oktober kemarin, sebagian dari tanaman di lahan mereka juga tertutup abu vulkanik. Dengan ketebalan abu yang ada pada saat itu, warga tidak berhadap bisa mendapatkan hasil panen yang baik. ▄

 

 

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta