Memitigasi Banjir di DAS Dagesime, Sikka – Caritas Indonesia – KARINA

Memitigasi Banjir di DAS Dagesime, Sikka

15/08/2017
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Sikka, Ibu Conshita Huberta Dhiu, ST, memberikan sambutan kepada para peserta (Foto: Leo/KARINA).

Pada hari ini, Selasa 15 Agustus 2017 bertempat di Aula Mgr. Abdon Longinus Da Cunha, Pusat Pastoral Keuskupan Maumere sedang dilaksanakan kegiatan bedah draft Rencana Kontigensi (RENKON) Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Dagesime oleh Caritas Keuskupan Maumere dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Sikka.

Kegiatan yang merupakan bagian integral dari program Strengthening of Integrated Dagesime Magepanda Watershed Management ini dihadiri oleh perwakilan warga dari 7 desa di sepanjang DAS Dagesime. Selain itu hadir pula perwakilan dari BMKG Kab. Sikka, SAR Kab. Sikka, TAGANA, Dinas Kesehatan, Forum PRB Kab. Sikka dan stakeholder terkait lainnya dari OPD-OPD di PEMDA Sikka dan kelompok masyarakat sipil di Kab. Sikka.

Para peserta melakukan diskusi (Foto: Leo/KARINA).
Para peserta melakukan diskusi (Foto: Leo/KARINA).

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kab. Sikka, Ibu Conshita Huberta Dhiu, ST mengharapkan selain RENKON Banjir, semua pemangku kepentingan terkait yang terlibat di dalam kegiatan hari ini juga bisa berkolaborasi dengan BPBD Kab. Sikka dan BAPPELITBANG Kab. Sikka untuk melakukan review terhadap dokumen RENKON Bencana Kab. Sikka lainnya. Seperti misalnya RENKON Tsunami versi tahun 2010 dan RENKON Erupsi Gunung Api Egon versi tahun 2013.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh usul saran dan catatan kritis dari para pemangku kepentingan untuk penyempurnaan dokumen draft RENKON Banjir DAS Dagesime. Hasilnya adalah adanya landasan operasional, strategi dan pedoman bersama bagi seluruh stakeholder dalam peyelenggarakaan Penanggulangan Bencana secara lebih terpadu dan terkoordinasi. Sehingga kebutuhnan dasar masyarakat terdampak dapat terpenuhi degan baik. ‚óŹ Leo

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta