Memberdayakan Masyarakat Melalui “Volunteering” – Caritas Indonesia – KARINA

Memberdayakan Masyarakat Melalui “Volunteering”

16/12/2016
img_20161214_191121_hdr-1

Baru-baru ini Yayasan KARINA menghadiri acara tahunan malam penghargaan yang diselenggarakan oleh Bina Nusantara (Binus) University melalui Program Teach for Indonesia. Malam penghargaan yang berjudul “Appreciation Night 2016: Empowering Community Through Volunteering” ini diselenggarakan pada tanggal 14 Desember 2016, pukul 18.00 – 20.00 WIB dan bertempat di Exhibition Hall Lt.3 Binus University, Jl. Kebon Jeruk Raya No. 27, Jakarta Barat. Acara tahunan ini diselenggarakan untuk memberikan penghargaan kepada para relawan dan mitra organisasi yang telah mendukung Program Teach for Indonesia dalam upayanya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Hadir dalam acara tersebut adalah Bapak Bernardus Gunawan Hadipuspito selaku CEO Binus University, Bapak Drs. Andreas Chang selaku Vice-Rector, Ibu Andyni Kosasih selaku Manager Program Teach for Indonesia dan para petinggi dari Binus University. Adapun undangan yang hadir adalah para relawan dari mahasiswa dan mahasiswi Binus University, para mitra dan donatur. Dalam sambutannya, Ibu Andyni menjelaskan bahwa sampai dengan saat ini Program Teach for Indonesia sudah melakukan beberapa kegiatan seperti bimbingan belajar untuk anak-anak usia sekolah, penanaman mangrove di Serang, Banten bersama denagn delapan universitas lainnya, pembinaan usaha kecil dan menengah (UKM) di komunitas dampingan, peduli lingkungan di Kecamatan Palmerah, dll.

Menurut Bapak Andreas Chang, “pendekatan volunteering yang dikembangkan oleh Program Teach for Indonesia memberikan bekal kepada para mahasiswa-mahasiswi untuk dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa Indonesia di berbagai aspek. Setiap orang harus meluangkan waktu (dengan sukarela) untuk membangun bangsa ini.” Sementara itu Bapak Bernardus Gunawan menyatakan bahwa, “kehidupan yang lebih baik dapat dicapai dengan pendidikan yang lebih baik juga.” Beliau berharap bahwa lulusan Binus nanti akan menjadi orang-orang yang mempunyai kemampuan akademis dan sosial yang baik. Sehingga dapat membuat perubahan yang signifikan untuk orang banyak.

Dalam acara tersebut, Yayasan KARINA mendapatkan penghargaan atas dukungannya dalam kegiatan “3+1 Enrichment Program: Community Development Track”. Hal ini terkait dengan kegiatan kerjasama dengan Binus University untuk para mahasiswa-mahasiswi yang ingin bekerja secara magang di lembaga non profit. Saat ini terdapat tiga mahasiswi magang yang bekerja di Yayasan KARINA dan satu orang mahasiswi yang bekerja sebagai guru di SMA Katolik Sint Pieter, Waikabubak, di Keuskupan Weetebula, salah satu mitra Jaringan KARINA.

Selain Yayasan KARINA, lembaga mitra yang lain yang menerima penghargaan ini adalah Wahana Visi Indonesia dan Asian Foundation. Sedangkan untuk para mahasiswa-mahasiswi, mereka mendapatkan penghargaan untuk kategori kegiatan mengajar terbaik, kegiatan donor darah terbaik, kegiatan garage sale terbaik dan volunteer of the year. Yayasan KARINA berterimakasih kepada Binus University atas penghargaan ini. Semoga, melalui kegiatan ini, Binus University dan para mitranya dapat bersama-sama mendidik generasi muda untuk masa depan bangsa yang lebih baik. ●

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta