Membangunkan Lahan Tidur di Sungai Putih – Caritas Indonesia – KARINA

Membangunkan Lahan Tidur di Sungai Putih

27/02/2018
sungaiputih2

Kini kelompok ibu-ibu di Sungai Putih, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat mampu mengubah lahan tidur menjadi lebih produktif. Sejak didampingi oleh Caritas Sintang, mulai Juli 2015 hingga Desember 2017, lahan tidur yang berhasil digarap oleh mereka seluas 3.248 m2. Mereka menanami lahan tersebut dengan jagung, cabai, sawi, timun, kacang panjang, gambas, kangkung, lada, dan tebu.

Selain mengurangi jumlah lahan tidur di Sungai Putih, kegiatan pendampingan dari Caritas Sintang ini juga mendorong masing-masing anggota kelompok untuk mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang pengolahan lahan dan beternak babi. Rata-rata anggota kelompok tersebut sudah mampu memperkirakan luasan lahan dan juga jenis tanaman yang mampu mereka budidayakan di lahan-lahan tidur yang ada.

Hal ini berdampak langsung terhadap pengeluaran di masing-masing keluarga. Kini mereka dapat melakukan penghematan karena tidak perlu lagi membeli sayur di pasar. Mereka sudah dapat mengkonsumsi sayuran segar dari kebun yang mereka kelola sendiri. Bahkan, mereka juga dapat keuntungan tambahan dari sebagian hasil kebun yang mereka jual kepada warga setempat. “Sekarang kami dapat menikmati macam-macam sayuran dari hasil kebun kami. Dulu kami hanya mengenal pakis hutan saja. Kalau ingin makan sayuran lain selain pakis, kami harus membelinya di pasar,” demikian kata Bu Ayang dan diiyakan oleh ibu-ibu yang lain.

Ibu Kimoy dan Ibu Ayang dengan anak-anak babi hasil ternak babi bibit dari Caritas Sintang (Foto: Caritas Sintang).
Ibu Dini, staf Yayasan KARINA, bersama Ibu Ayang melihat anak-anak babi hasil ternak babi yang bibitnya diberikan oleh Caritas Sintang (Foto: Caritas Sintang).

Dalam kunjungan monitoring proyek 6 bulanan di Sintang pada tanggal 13 Desember 2017, kami diajak oleh Ibu Ayang untuk melihat kebun yang ditanami beraneka macam sayuran. Proyek ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas komunitas dampingan dalam melestarikan hutan dan mempertahankan hak milik atas tanah melalui manajemen ekowisata desa dan pemanfaatan lahan terlantarUpaya Caritas Sintang ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, terutama dari KARINA, Caritas Australia dan Misereor sebagai donor proyek.

“Setelah didampingi (oleh Caritas Sintang), saya jadi paham tentang jenis-jenis tanaman dan kapan waktu yang tepat untuk menanamnya. Kami juga dibekali dengan pelatihan-pelatihan lain dan dipertemukan dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Misalnya, dokter hewan yang paham tentang bagaimana beternak babi,” tutur Ibu Ayang. Tahun lalu Bu Ayang dan Bu Kimoy mendapat bantuan sepasang babi. Kini babi mereka sudah beranak sebanyak 10 ekor.

Apa yang dirasakan oleh Bu Ayang dan Bu Kimoy juga dirasakan oleh ibu-ibu anggota kelompok yang lain. Selain mendapatkan peningkatan pengetahuan, mereka juga merasakan adanya penghematan dari sisi finansial. Keluarga mereka juga dapat mengkonsumsi makanan yang lebih segar dan sehat dari kebun mereka sendiri. Terlebih, bantuan ternak babi dan pelatihan yang diberikan oleh Caritas Sintang ini mampu mendorong kelompok ibu-ibu di Sungai Putih menjadi lebih mandiri secara ekonomi. ● Dini

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta