Membangun Komitmen Perlindungan terhadap Anak – Caritas Indonesia – KARINA

Membangun Komitmen Perlindungan terhadap Anak

17/05/2016

Awal tahun 2016, tepatnya tanggal 13 Januari, menjadi tonggak bersejarah bagi Yayasan KARINA dalam membangun komitmen perlindungan terhadap anak. Pada tanggal tersebut, Kebijakan Perlindungan Anak (KPA) disahkan oleh Ketua Badan Pengurus Yayasan KARINA dan diberlakukan kepada seluruh personil yayasan. Salah satu tujuan dari kebijakan ini adalah untuk memastikan terpenuhinya hak anak untuk mendapatkan perlindungan dan perlakuan yang baik, dalam setiap kegiatan yang dijalankan oleh KARINA dan mitra-mitranya.

Berdasarkan hal di atas, kebijakan ini akan dikembangkan dalam kerangka kerja yang sesuai dengan konteks pelayanan KARINA dan disosialisasikan kepada para mitra di Jaringan Caritas Keuskupan. Salah satu upaya untuk mengembangkan kebijakan tersebut agar menjadi lebih operasional adalah dengan melakukan kunjungan belajar ke lembaga lain yang sudah menerapkan KPA secara konsisten. Kebetulan sekali pada tanggal 5-7 April 2016, KARINA mendapat undangan dari Caritas Australia untuk mengikuti lokalatih ‘Child Protection Task-Force’ di Vientiane, Laos.

(Kiri) Peserta lokalatih berdiskusi tentang kegiatan KPA dengan Pimpinan LDPA di Laos. (Kanan) para peserta berdiskusi dengan Pimpinan Pusat Pelayanan Anak 'Peuen Mit'. (Foto: Y. Baskoro)
(Kiri) Peserta lokalatih berdiskusi tentang kegiatan KPA dengan Pimpinan LDPA di Laos. (Kanan) para peserta berdiskusi dengan Pimpinan Pusat Pelayanan Anak ‘Peuen Mit’. (Foto: Y. Baskoro)

 

Kegiatan lokalatih ini diikuti oleh seluruh mitra Caritas Australia yang mempunyai program atau kegiatan untuk anak-anak. Sebagian besar lembaga peserta yang mengikuti lokalatih menjalankan program untuk anak dalam kondisi yang umum. Hanya KARINA yang memberikan gambaran kegiatan tentang intervensi kegiatan untuk anak dalam kondisi tanggap darurat bencana. Hal ini menjadi penting, sebab dalam situasi seperti itu seringkali kebutuhan anak-anak tidak tercukupi dengan baik. Bahkan, masih ada donatur yang menggeneralisasi bantuan untuk anak-anak, misalnya makanan, sama dengan untuk orang dewasa.

Selain melakukan kegiatan di dalam ruangan, para peserta lokalatih juga diajak untuk melakukan kunjungan belajar ke mitra dampingan Caritas Australia. Kunjungan lapangan dilakukan di 3 tempat, yaitu pusat pelayanan anak-anak yang dikelola oleh Peuen Mit, pusat pelayanan anak berkebutuhan khusus yang dikelola oleh Laos Disabled People’s Association (LDPA), dan ke komunitas dampingan di Desa Ban Phon Kham Nena yang berjarak 40 Km dari Vientiane. Di ketiga tempat ini, para peserta dapat melihat bagaimana sebuah lembaga menjalankan kegiatan untuk anak dan menerapkan KPA untuk para penerima manfaat langsung, para staf dan orang tua anak-anak.

Yang menarik dari kegiatan kunjungan lapangan ini adalah bagaimana anak-anak dilibatkan dalam perencanaan kegiatan hingga menerapkan aturan-aturan yang mereka gunakan setiap harinya. Selain itu, anak-anak tetap dibiarkan menjadi dirinya sendiri serta diberi kebebasan berekspresi dan mengemukakan pendapat. Mereka juga mendapatkan hak untuk bermain, belajar dan beristirahat secara adil. Sebagai bentuk komitmen untuk ikut menjalankan KPA, para peserta juga menandatangani consent letter yang menjelaskan dan mengatur tentang penggunaan foto-foto yang diambil dari lokasi pusat pelayanan anak untuk kebutuhan publikasi ataupun pelaporan.

Suasana lokalatih di dalam ruang pertemuan di Hotel Mercure Vientiane, Laos (Foto: Y. Baskoro).
Suasana lokalatih di dalam ruang pertemuan di Hotel Mercure Vientiane, Laos (Foto: Y. Baskoro).

 

Kegiatan lokalatih ini sungguh memberikan masukan yang baik bagi KARINA untuk mengembangkan KPA di program-program yang akan dibuat di kemudian harinya. Para peserta juga mendapat kesempatan untuk melihat bagaimana pengarusutamaan KPA dijalankan dalam kegiatan livelihood dan community development.

Dari hasil berbagi pengalaman dengan para peserta, KARINA optimis dapat menerapkan dan mengembangkan KPA di dalam rancangan program ke depan. Sehingga, KPA dapat menjadi sebuah komitmen bagi KARINA untuk mempromosikan tersedianya lingkungan yang ramah, aman dan adil bagi anak demi perwujudan martabat manusia. ? YB

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta