Melewati Masa – Caritas Indonesia – KARINA

Melewati Masa

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaSudah hampir satu tahun berlalu sejak banjir bandang menerjang Wasior, Kabupaten Wondama, Papua Barat di bulan Oktober 2010. Banjir bandang ini merusak rumah, sekolah, fasilitas umum yang ada di tiga kecamatan berpenduduk padat dengan kerugian milyaran rupiah, belum termasuk ratuan orang yang meninggal, ribuan terluka dan terpaksa mencari tempat lebih aman.

Fase tanggap darurat telah dilewati dari bulan Oktober sampai dengan Desember 2010 dengan banyak cerita pembelajaran dan harapan untuk pelayanan yang lebih baik di masa depan. Karina KWI, dengan dukungan dari keuskupan-keuskupan di Indonesia, berbelarasa sejak minggu pertama bersama Tim Pastoral Wilayah Manokwari dengan suka dukanya, dari koordinasi hingga larut malam sampai mengatur barang bantuan yang sangat banyak.

Karina - Caritas IndonesiaBantuan-bantuan yang diterima dari berbagai pihak—keuskupan di Indonesia, sektor swasta dan pribadi—memang direncanakan untuk sebuah hasil yang berdampak jangka panjang dan tidak habis di saat darurat saja. Kerjasama dengan TPW Manokwari menghasilkan beberapa kegiatan pemulihan untuk mengkonkretkan rencana ini yang mencakup pembangunan Youth Center, Pendidikan dan Psikososial, serta Pembagian Bantuan Darurat yang proses pengerjaannya berjalan sejak April 2011 dan diharapkan selesai akhir September 2011.

Youth Centre dirancang sebagai pusat pengembangan pribadi remaja dan anak, secara fisik dan mental. Fasilitas yang ada dalam Youth Centre adalah ruang pertemuan, taman bacaan, lapangan olahraga, ruang belajar anak (playgroup), sarana bermain anak. Pembangunannya taman bacaan telah selesai 100% dan sudah diberkati (diresmikan) oleh Bapak Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong pada tanggal 14 Agustus 2011. Gedung ini sudah dipakai untuk sekolah Taman Kanak Kanak dan PAUD pada awal Agustus 2011 dengan tenaga pengajar Suster. Jumlah murid yang ada sebanyak 28 anak terbagi atas dua kelompok : A umur 4 sampai 6 tahun berjumlah 18 anak, B PAUD ( Pendidikan Anak Usia Dini) umur 2 sampai 3 tahun berjumlah 10 anak. Untuk bangunan lain, Ruangan Serba Guna dan Lapangan olahraga masih dalam proses pengerjaan.

Karina - Caritas IndonesiaPerencanaan sudah dilakukan dengan baik, tapi tetap saja tim di lapangan harus menyesuaikan diri karena ketersediaan material dan bahan yang terbatas dan seringkali harus menunggu lama untuk mendapatkan bahan bangunan dari luar Wasior. Namun waktu yang lama untuk menunggu ini tidak membuat surut tim di Wasior karena mereka mengisinya dengan kegiatan lain yang juga bagian dari usaha pemulihan, yaitu pembagian makanan tambahan bagi anak-anak di huntara.

Bantuan berupa makanan tambahan diberikan kepada 2.111 anak dari 12 Huntara yang ada. Pemberian makanan tambahan dilakukan bergiliran di huntara-huntara dari bulan Mei sampai Juli 2011. Bantuan pangan tambahan ini juga dipakai tim di lapangan untuk menyapa orang-orang yang tinggal di huntara karena selain 19pembagian makanan ringan, susu dan kacang hijau, tim relawan juga mengajak anak-anak di huntara bermain. Patut kita ingat bahwa para relawan di Wasior juga terdampak oleh banjir bandang tapi mereka mampu bangkit dan berbelarasa mendampingi mereka yang membutuhkan.

Karina - Caritas Indonesia Karina - Caritas Indonesia

Penulis adalah staf DRR-ER Karina KWI

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta