Pelatihan Perpajakan: Menjaga Kepercayaan Publik – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan Perpajakan: Menjaga Kepercayaan Publik

17/06/2016
DOD_4700

Kiprah Yayasan KARINA dalam kegiatan kemanusiaan selama sepuluh tahun terakhir ini tentu saja tidak hanya mengandalkan semangat pelayanan, namun juga semangat profesionalitas. Yayasan KARINA secara terus-menerus memberikan berbagai macam pelatihan kepada para personilnya, untuk meningkatkan kapasitas staf dan kegiatan pelayanan secara profesional. Salah bentuk peningkatan kapasitas adalah pelatihan perpajakan yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para personil dalam menjalankan fungsi-fungsi perpajakan sesuai dengan aturan yang berlaku di Indonesia.

Pelatihan perpajakan ini diselenggarakan pada tanggal 6-7 Juni 2016, yang bertempat di kantor Yayasan KARINA, Jalan Matraman No. 31, Jakarta Timur. Bapak Yuda Aryanto (senior trainer, Dosen Perpajakan Unika Atmajaya Jakarta, dan Vice President of Accounting di PT Angkasa Pura) menjadi fasilitator utama dalam kegiatan ini. Sementara itu, Bapak Thomas Chandra (managing partner kantor konsultan pajak The Professionals) menjadi co-fasilitator  pada hari pertama. Hadir dan terlibat dalam kegiatan pelatihan selama 2 hari ini adalah wakil pengurus dan para staf Yayasan KARINA, dan perwakilan dari KARINA Jogja.

Bapak Thomas Chandra (berdiri) ketika memberikan pengantar pada pembukaan Lokalatih Perpajakan(Foto: Martin Dody K.).
Bapak Thomas Chandra (berdiri) ketika memberikan pengantar pada pembukaan Lokalatih Perpajakan. (Foto: Martin Dody K.).

 

Sebagai lembaga yang berbentuk yayasan, pelatihan perpajakan ini dirasa penting  karena segala kegiatan yang dilakukan KARINA tidak luput dari kebijakan-kebijakan perpajakan di Indonesia. Selain itu, pelatihan ini dilaksanakan agar para staf semakin paham tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan di negara kita. Melalui kegiatan ini, para peserta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang berbagai jenis pajak, kebijakan pemerintah terkait pajak, serta kewajiban-kewajiban pajak yang harus dipenuhi sebagai warga negara.

Materi yang diberikan pada hari pertama adalah tentang ketentuan umum perpajakan, tatacaranya, serta pasal-pasal yang mengikat. Selain itu juga dijelaskan mengenai kewajiban dan mekanisme pelaporan pajak sebagai pribadi, serta penagihan pajak dan juga penyelesaian sengketa pajak. Setelah makan siang, para peserta diajak untuk lebih mengenal tentang Pajak Penghasilan Badan. Hal ini terkait dengan lembaga KARINA yang berbentuk yayasan. Hal ini sesuai dengan Pasal 2 Ayat 1 huruf b UU Pph yang menyebutkan bahwa yayasan atau organisasi yang sejenis termasuk subyek pajak badan. Selain itu, fasilitator juga menjelaskan tentang jenis-jenis penghasilan.

Bapak Yuda Aryanto, fasilitator Lokalatih Perpajakan.
Bapak Yuda Aryanto, fasilitator Lokalatih Perpajakan. (Foto: Martin Dody K.)

 

Pada hari kedua, proses pelatihan diawali dengan menjawab kuisioner kecil dari fasilitator. Materi hari kedua secara spesifik membahas tentang Pajak Penghasilan berdasarkan PPh pasal 21 dan PPh Pasal 23. Para peserta juga diajak untuk mengetahui objek apa saja yang dikenai pajak penghasilan tersebut, untuk setiap pasalnya dan tarif yang dikenakan. Mekanisme pemotongan, penyetoran, dan pelaporannya pun dibahas tuntas di sesi ini. Pelatihan perpajakan ini dilaksanakan dengan metode pendidikan untuk orang dewasa. Para peserta diberi kesempatan untuk membagikan pengalamannya serta mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang berkembang, terkait dengan materi yang sedang dibawakan.

Para peserta, terutama yang dalam pekerjaannya selalu terlibat dengan berbagai transaksi keuangan merasakan benar manfaat dari pelatihan perpajakan ini. Beberapa hal yang sebelumnya menjadi masalah, dapat ditemukan jalan keluarnya. Hal ini tentu menambah keyakinan para personil di Yayasan KARINA untuk melakukan kegiatan transaksi keuangan dengan baik, secara transparan dan akuntabel. Sehingga kredibilitas lembaga dalam mempertanggungjawabkan dukungan dan kepercayaan publik yang diberikan kepada Yayasan KARINA dapat selalu dijaga. ▪  MDK

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta