Lokakarya Penulisan Kebijakan Perlindungan Anak – Caritas Indonesia – KARINA

Lokakarya Penulisan Kebijakan Perlindungan Anak

11/12/2015
IMG 20151210 112443 edit

IMG 20151210 112443 editSebagai sebuah lembaga sosial kemanusiaan, Yayasan KARINA (Caritas Indonesia) mempunyai mandat untuk mengembangkan pelayanan kemanusiaan tanpa membedakan agama, suku, ras, golongan dan sebagainya. Selain membantu para korban bencana alam, KARINA menjalankan misi kemanusiaan dalam isu-isu pelanggaran hak asasi manusia, konflik dan kekerasan sosial, ketidakadilan gender, dan berbagai tindak ketidakadilan sosial lainnya. Semua manusia, baik itu orang tua, orang dewasa, dan anak; khususnya mereka yang menderita berhak menerima pendampingan dan bantuan sehingga mereka tidak putus harapan.

Sebagai anggota dari Konfederasi Caritas Internationalis, KARINA menghormati dan turut mempromosikan Konvensi Hak Anak, serta berupaya mengimplementasikan kedalam kebijakan-kebijakan yang ada di lembaga. Hal ini menjadi penting sebab penerima manfaat dari program-program KARINA secara langsung maupun tidak langsung juga meliputi individu atau kelompok orang yang berusia di bawah 18 tahun. Maka dari itu diperlukan sebuah strategi yang tepat untuk dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para mitra dan kelompok dampingan, khususnya kepada anak-anak.

Strategi yang dimaksudkan adalah memiliki kebijakan perlindungan anak untuk membantu menciptakan lingkungan yang ramah dan aman untuk anak.  Hal ini dimulai dengan diadakannya lokakarya penulisan Kebijakan Perlindungan Anak, pada tanggal 7-10 Desember 2015, di kantor Yayasan KARINA. Lokakarya ini difasilitasi oleh Mr. Lindsay Daines, Mrs. Kath Rosic dan Mr. Willy Tan dari Caritas Australia. Hadir dalam lokakarya ini seluruh staf dan perwakilan dari Badan Pengurus Yayasan KARINA, serta dr. Angela Abidin, dari Komisi Keluarga KWI. 

Lokakarya ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang isu anak dan perlindungannya dalam konteks kehidupan di Indonesia serta dalam lingkup kerja KARINA. Selain itu, para peserta diharapkan dapat mengadopsi kebijakan perlindungan anak yang saat ini sudah ada berdasarkan nilai dan prinsip KARINA. Melalui kebijakan ini, KARINA menolak segala bentuk diskriminasi, eksplotasi dan tindak kekerasan pada anak dan memastikan semua anak mendapatkan perlindungan dalam upaya pemenuhan hak dasar mereka untuk hidup, tumbuh, berkembang, berpartisipasi dan mendapatkan rasa aman.

Setelah kegiatan lokakarya berakhir, tim perumus akan merapikan rancangan kebijakan untuk kemudian dikonsultasikan kepada Badan Pengurus Yayasan KARINA. Hasil dari konsultasi tersebut akan menjadi bahan perbaikan sebelum nanti disahkan. Harapannya, Kebijakan Perlindungan Anak ini akan secara bertahap disosialisasikan dan diimplementasikan dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh KARINA, sehingga melalui pelayanannya KARINA akan semakin dapat mewujudkan belarasa yang menjaga keutuhan martabat hidup manusia. ‚óŹ YB

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta