Laporan Situasi Banjir Bandang Kabupaten Tolitoli – Caritas Indonesia – KARINA

Laporan Situasi Banjir Bandang Kabupaten Tolitoli

07/06/2017
Banjir 2

LATAR BELAKANG

Pada hari sabtu tanggal 3 juni 2017 Wilayah Kabupaten Tolitoli SULTENG diguyur hujan dengan intensitas tinggi dari pukul 13.00 – 21.00 Wita. Hujan deras selama kurang lebih 8 jam itu mengakibatkan beberapa sungai meluap dan menggenangi daerah pemukiman, pertokoan dan daerah pertanian. Secara kasat mata diperkirakan 80 % wilayah kecamatan Baolan (pusat kabupaten) tergenang air, karena sungai dan drainase tak mampu menampung banyaknya debit air hujan dari daerah pebukitan. Kondisi makin parah  karena  air sungai yang meluap bertemu dengan air pasang dari laut. Akibatnya puluhan ribu rumah penduduk tergenang air.

 WILAYAH TERDAMPAK

Informasi yang kami terima melalui telpon pada hari senin tgl 5 juni 2017 hampir seluruh kecamatan di wilayah kabupaten Tolitoli mengalami bencana banjir. Dan ditegaskan bahwa ada empat kecamatan yang mengalami dampak terparah, yaitu kecamatan BAOLAN, LAMPASIO, GALANG DAN DAKOPAMEAN. Tinggi air yang menggenangi rumah penduduk berkisar 1m sampai 4m, selain puluhan ribu rumah yang tergenang air dan lumpur juga ada rumah yang  mengalami kerusakan parah, roboh, dan ada yang  hanyut.

Hari kedua pasca banjir bandang akses jalan dari dan ke kota Tolitoli masih tertutup karena beberapa jalan tergenang air dan tertimbun longsor serta ada jembatan yang putus. Jaringan Listrik dan telekomunikasi juga masih terganggu sehingga belum bisa mengirim berita via email. Jaringan air juga terganggu karena putusnya pipa saluran air.

POPULASI TERDAMPAK

Dalam berita on line pada hari minggu tanggal 4 juni 2017 diberitakan bahwa sekitar 56 ribu KK terdampak banjir Bandang. Hari itu juga Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah mencatat sedikitnya ada 15 rumah mengalami kerusakan parah. Di Kabupaten Tolitoli khususnya di Desa Dakitan ada 2 rumah roboh dan 6 rumah hanyut. Di Desa Buntuna 4 rumah hanyut. Sementara di dusun Lembah Kelurahan Baru 3 rumah roboh. “… rumah tenggelam itu ada di Kelurahan Tuweley, Kelurahan Baru, Kelurahan Panasakan, dan Kelurahan Tambun,” kata Ajun Komisaris Besar Hari Suprapto, Kepala Bidang Humas Markas Polisi Daerah Sulawesi Tengah.

Hari kedua pasca banjir diterima informasi bahwa diperkirakan sekitar 75 ribu Kepala Keluarga mengalami dampak banjir bandang di seluruh Kabupaten Tolitoli. Dan dipastikan ada empat orang korban banjir, yaitu; dua orang meninggal tertimbun dan dua orang dinyatakan hilang karena

terbawa arus. Aktifias warga lumpuh karena puluhan ribu warga mengungsi. Ribuan Kepala Keluarga mengungsi di gedung ibadah, gedung sekolah dan kantor kelurahan serta yang lain mengungsi di rumah-rumah keluarga/kenalan yang berada di daerah yang agak tinggi/pebukitan.

 KEBUTUHAN MENDESAK

Kebutuhan mendesak warga adalah:

  1. Makanan Siap Saji
  2. Selimut, tikar
  3. Pangan: beras, mie instan, lauk
  4. Peralatan mandi
  5. Ember
  6. Susu untuk bayi
  7. Popok bayi
  8. Pembalut wanita
  9. Pakaian Dalam
  10. Pakaian anak dan dewasa
  11. Masker
  12. Peralatan Dapur

RESPONS PEMERINTAH DAN ORGANISASI LAIN

Penanganan darurat dikoordinit oleh BPBD, TNI dan Kepolisian serta masyarakat. Posko tanggap darurat dan dapur umum sudah didirikan di setiap kelurahan yang terdampak. BPBD masih terus melakukan pendataan terkait dampak bencana.

RESPONS CARITAS/KOMISI PSE KEUSKUPAN MANADO

Karitas Keuskupan Manado (Delsos/Ketua PSE) telah melakukan assessment melalui pastor paroki dan Pimpinan umat Paroki Kristus Raja Tolitoli.  Pastor paroki bersama pimpinan umat mengirimkan informasi lisan via telpon dan foto-foto dampak banjir via WA. Informasi dari paroki Kristus Raja Tolitoli dilaporkan kepada Bapak Uskup Manado Mgr J Suwatan MSC dan Bapak Uskup merekomendasikan Delsos/Ketua Komisi PSE Keuskupan Manado mengkoordinir Gerakan Solidaritas Keuskupan Manado for Tolitoli untuk membantu masyarakat Tolitoli yang mengalami bencana banjir Bandang. Pastor paroki dan timnya tidak bisa mengirimkan data secara tertulis karena gangguan signal.

Manado, 6 Juni 2017

Dilaporkan oleh: Kenedy Worang

Contact Persons:

  • Joy Derry ( Delsos/Ketua Komisi PSE KM)

Jeanet Mandagi (staf Komisi PSE/081340111873)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta