Ketika Kami Belajar Menulis – Caritas Indonesia – KARINA

Ketika Kami Belajar Menulis

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas Indonesia2-6 Agustus 2010 lalu, Caritas Maumere menyelenggarakan pelatihan menulis bagi staf dan fasilitator lapangan di Aula Pusat Pastoral Keuskupan Maumere. Kegiatan ini juga diikuti oleh rekan-rekan dari Keuskupan Agung Ende dan Delsos Keuskupan Larantuka. Selama lima hari peserta berjibaku dengan rangkaian bacaan, praktek wawancara, menyusun kerangka tulisan dan menulis. Merekapun mendapatkan teknik fotografi serta sempat mempraktekkannya.

Dalam prakteknya kegiatan ini tidak hanya untuk mengembangkan kapasitas peserta namun juga mendorong adanya sharing pengalaman antara peserta mengenai kegiatan di Caritas ataupun Keuskupan masing-masing.

Berikut adalah tulisan pendek dua  orang peserta yang sempat mengikuti pelatihan menulis, selamat membaca.

‘Awalnya Aku Keberatan Menjadi Peserta’
Oleh : Heny Hungan

TOR yang aku baca sebagian berisi deretan kalimat yang berkaitan dengan jurnalistik. Itu hal sangat awam bagiku. Belum lagi ditambah dengan beberapa judul buku referensi berbahasa indonesia dan bahasa inggris. Dalam hatiku aku berguman,’Aku pasti peserta paling bodoh di kelas nanti.’

Aku kemudian memutuskan ikut dulu sambil melihat situasi kegiatannya, bila metode dan sistim yang diterapkan oleh para fasilitator bisa aku ikuti, maka hari berikutnya  aku ikut tetapi bila situasinya tidak memungkinkan maka akan kuputuskan untuk tidak akan menjadi peserta lagi.

Waktu pelatihan nan  panjang selama lima hari cukup melelahkan, ditambah lagi  setiap hari  ada tugas untuk menulis. Tetapi itu aku jalankan dengan perasaan senang. Semuanya ini tentu tidak lepas dari peran kedua fasilitator, Siti Yunia dan Dian Lestariningsih yang menurutku sangat kompoten di bidang  menulis. Masukan-masukan dari mereka semakin memperkayaku dalam menulis.

Ternyata apa yang aku bayangkan jauh dari kenyataan. Aku bahagia menjadi peserta  kelas menulis. Aku  banyak belajar tentang menulis narasi. Dengan menulis aku dapat mengungkapkan apa yang aku rasakan, apa yang aku lihat. Satu kaca kunci ‘Menulis dapat mempengaruhi ‘.

Terima kasih Caritas Maumere yang telah menfasilitasi kegiatan ini dan terima kasih untuk kedua fasilitator yang dengan telaten membimbing kami semua peserta pelatihan menulis.(*)

Penulis adalah pegiat TRUK-F, bergelut dalam program Anti Domestic Violence.

‘Berawal dari tiba-tiba’
Oleh Gregorius Pella

Setelah sekian lama menjadi seorang relawan, tiba-tiba ditengah berbagai kesibukan saya ditawari oleh Pak Kanisius Kasih ,Project Coordinator di Caritas Keuskupan Maumere untuk mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik. Beliau mengabarkan kegiatan akan diselenggarakan oleh Karina KWI pada tanggal 2 – 6 Agustus 2010 bertempat di Aula Pusat Pastoral Keuskupan Maumere.

Pada  kesempatan mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, awalnya saya merasa kaku dan malu di antara teman-teman peserta pelatihan. Saya adalah seorang wiraswastawan yang  saat ini bergabung sebagai fasilitator. Saya sangat awam dengan hal menulis.  Peserta lainnya adalah orang-orang yang sudah berpengalaman dalam jurnalistik, mereka adalah wartawan lokal dan penyiar radio lokal.

Namun setelah mengikuti kegiatan tersebut, saya merasa dikuatkan karena semangat kasih yang ditanamkan dalam lembaga Caritas benar benar dirasakan di antara teman-teman peserta. Dimana kami saling melengkapi, saling membantu dan membenahi bila ada kekurangan, sehingga membuat saya semakin percaya diri.
Hal ini juga bisa kami alami karena metode yang digunakan dalam pelatihan ini dirasakan sangat membantu. Dalam proses pelatihan ini, sayapun mulai mencoba untuk menulis dengan  topik yang sesuai dengan makna atau peristiwa yang saya alami dilapangan sebagai seorang fasilitator.  Semenjak saat itulah saya merasa bangga dan tertarik dengan kegiatan pelatihan ini karena kegiatan tersebut merupakan suatu penguatan kapasitas  bagi kami sebagai seorang faslitator lapangan untuk menggali data dan menyajikan dalam bentuk tulisan yang bisa dibaca dan dipahami oleh sekelompok orang atau komunitas tertentu.
Sayapun merasa senang dengan kegiatan pelatihan ini. Walaupun masih banyak kekurangan, saya semakin percaya diri, giat membaca dan memberanikan diri untuk mulai menulis.

Penulis adalah relawan di Caritas Maumere.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta