Ketika Dewa-dewa Keuangan Berkumpul – Caritas Indonesia – KARINA

Ketika Dewa-dewa Keuangan Berkumpul

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaPernahkah terbayang jika para pakar keuangan berkumpul dalam satu forum pertemuan? Apakah suasananya menjadi begitu serius? Apakah meja akan dipenuhi dengan berkas-berkas laporan keuangan yang melulu berisi angka, tabel, grafik, atau formulir-formulir keuangan? Tahan dulu bayang-bayang yang ada dalam pikiran Anda, karena yang terjadi pada tanggal 12-16 April lalu di Rumah Jambu Luwuk-Ciawi 180 derajat berbeda!

Bersama fungsionaris-fungsionaris keuangan dari beberapa Karitas keuskupan, tim Capacity Building Karina KWI melakukan kegiatan ‘Workshop Kontekstualisasi Modul Manajemen Keuangan Karitas Indonesia’. Hadir pula dalam kegiatan tersebut staf Karina dari unit Emergency Response dan Human Resources-General Affairs. Personil-personil Karitas berlatar belakang keuangan maupun non keuangan ini berkumpul untuk membedah dan membahas modul keuangan yang diadopsi Karina KWI dari Mango. Tujuannya untuk memperkaya modul supaya lebih relevan dengan konteks situasi Karitas-karitas keuskupan di Indonesia.

Hari pertama diisi dengan pertemuan antara tim fasilitator yang kedepan akan memfasilitasi rangkaian pelatihan manajemen keuangan di jaringan Karitas Indonesia. Sedangkan pada hari kedua dan keempat para peserta ‘membedah’ modul manajemen keuangan praktis dan manajemen keuangan strategis. Mereka saling bersumbang saran untuk memperkaya bentuk metode, media, serta menuangkan isu-isu dan pengalaman lokal sebagai kasus-kasus yang potensial dibahas dalam modul pelatihan. Yang juga muncul dalam workshop ini ialah masukan mengenai perlunya contoh-contoh kasus dengan standar dan format keuangan yang terstandarisasi sehingga nantinya semua Karitas keuskupan bisa memiliki standar manajemen keuangan yang sama.

Apakah proses workshop ini berjalan dengan serius dan kaku? Jawabnya ‘tidak’. Workshop yang diwarnai banyak diskusi kelompok ini mengalir dengan suasana yang menyenangkan. Diawali dengan permainan yang kemudian direfleksikan bersama, melakukan diskusi di saung-saung ditemani kicauan burung dan angin pegunungan yang semilir. ‘Asyik juga! Meskipun kita harus berdiskusi dan berpikir keras, sesi-sesinya mengalir dengan menyenangkan,’ komentar FX Nugrah Haryadi dari Karitas KAPal mengenai proses workshop. Sementara, Benedictus Tutuk dari Karina KAS mengapresiasi proses yang dijalani secara partisipatif ini karena berupaya menyerap pengalaman-pengalaman lokal dan isu yang actual, tidak hanya copy-paste dari modul yang diadopsi.

Workshop ini juga mengundang narasumber untuk berbicara pada hari ketiga dan kelima. Hamid Abidin dari PIRAC (Public Interest Research and Advocacy Center), sebuah LSM yang bergerak dalam bidang kajian filantropi, menyajikan materi mengenai transparansi-akuntabilitas dan penggalangan dana (fundraising). Narasumber lainnya, Hardy ML Tobing (akuntan publik, aktivis JALA/Jaringan Lembaga untuk Akuntabilitas) dan David Pasaribu (akuntan publik), berbicara tentang PSAK 45 dan perpajakan bagi organisasi nirlaba. Topik-topik yang disajikan oleh narasumber ini pada akhir hari dibahas oleh para peserta dan direfleksikan. Beberapa isu mengemuka untuk dapat diserap dalam modul pelatihan, seperti perlunya menggarisbawahi transparansi dan akuntabilitas yang juga merupakan nilai yang melandasi kerja-kerja kemanusiaan Karitas Indonesia, serta mengintroduksikan pola pelaporan keuangan berdasarkan PSAK 45. Bertolak dari masukan peserta pula, Karina KWI perlu mengkaji untuk mendesain modul-modul pelatihan tersendiri mengenai procurement management (manajemen pengadaan barang), PSAK 45, perpajakan, dan penggalangan dana.

Sebagai kelanjutan dari workshop ini, tim fasilitator manajemen keuangan akan melakukan 1 kali lagi pertemuan untuk memfinalisasi modul yang telah memperoleh banyak masukan selama proses workshop. Pelatihan manajemen keuangan ini sendiri (khusus untuk modul manajemen keuangan praktis) akan dilaksanakan pada semester II tahun 2010, yaitu pada tanggal 23-27 Agustus (untuk Karitas keuskupan regio Jawa-Sumatera), 11-15 Oktober (regio Kalimantan dan Nusatenggara), dan 15-19 November (regio Sulawesi-Amboina-Papua).

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta