Karya Karipura di Kibay – Caritas Indonesia – KARINA

Karya Karipura di Kibay

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaSudah sebulan lebih lamanya saya tidak berkunjung ke Desa Kibay tempat dimana saya dan teman – teman melakukan kegiatan pelayanan kemanusiaan selama dua bulan setengah hingga Desember 2011 yang lalu. Desa yang kami tuju ini adalah salah satu desa yang terpencil, jauh di tengah hutan rimba yang berbatasan dengan Negara Papua New Guinea (PNG).

Keinginan mendalam untuk bertemu kembali dengan mereka dapat terwujud berkat pelayanan Karitas Jayapura.  Karitas Jayapura melakukan serangkaian kegiatan dalam Bidang Kesehatan Program Kesehatan Ibu dan Anak yang melibatkan warga Desa Kibay sebagai partisipan.

18 Februari 2012 bertempat di ruang pertemuan Paroki St. Wilibrodus Arso Kabupaten Keerom, saya bersama teman – teman relawan KARIPURA, Pastor Paroki Arso Kota yang merupakan wilayah pelayanan Gereja Katolik di Kampung Kibay, perwakilan masyarakat Kampung Kibay, Koordinator KARIPURA serta staf KARIPURA dan perwakilan balai pengobatan St. Lusia Workwana melakukan evaluasi bersama dengan Tim Pendampingan Karitas/Keuskupan (DA) Karina KWI.

Di sela-sela pertemuan itu saya mengikutinya dengan seksama sambil menulis dan mendengarkan berbagai pengalaman yang disampaikan satu demi satu dari para peserta yang hadir dalam ruang pertemuan tersebut.

‘Sudah berapa tahun ini belum pernah ada kegiatan yang dilakukan di Kampung Kibay baik itu dari pemerintah maupun organisasi yang lainnya, Kampung Kibay tidak diperhatikan hingga tahun 2011 baru dari pihak gereja (KARIPURA) mengambil kebijakan yang luar biasa kepada masyarakat kami dengan melakukan kegiatan yang langsung berkomunikasi dengan masyarakat melalui pelatihan – pelatihan yang diberikan dan mempraktekannya secara langsung bagi ibu-ibu dan anak-anak kami seperti cara mencuci tangan, menggosok gigi, membersihkan diri serta mengolah bahan-bahan lokal yang ada untuk dimasak dan membuat kue berbahan lokal yang sehat untuk dikonsumsi dalam keluarga,’ ujar Bapak Oktavianus Boriam selaku badan pengurus gereja.

Hal lain disampaikan oleh Ibu Imelda istri dari Bapak Lourens Boriam. Ia menuturkan pengalaman, ‘Kami sangat senang sekali dengan kegiatan yang dilakukan oleh KARIPURA terutama ketika Kakak Anna membagikan kami dalam kelompok memasak, menyiapkan bahan-bahan makanan yang dipersiapkan dalam praktek memasak, Ibu-Ibu sangat kompak walaupun dengan pemahaman yang kurang tetapi semangat untuk menyiapkan bahan-bahan makanan yang dipersiapkan dalam praktek memasak sangat tinggi, setelah selesai memasak kita makan bersama dan kegiatan ini sangat bermanfaat sekali bagi kami karena melatih kami dan anak-anak untuk hidup bersih dan sehat’.

Satu demi satu penyampaian disampaikan oleh teman-teman hingga mengantarkan kami pada pukul 13.15 WIT saatnya Pastor Paroki Ronny, SVD menyampaikan apa yang dialami sebagai sesuatu yang perlu diwujudnyatakan. Kegiatan KARIPURA bukanlah program KARIPURA namun sebaliknya adalah program milik masyarakat . ‘Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka kita melihat bahwa animo dari para Ibu-Ibu sangat tinggi,’ jelas Pastor ronny, SVD.

Terdapat catatan, bahwa keterlibatan Bapak-Bapak masih kurang. Namun penjelasan dari mereka  bahwa ‘kami mau buat apa, kami tidak punya porsi disitu.’ Hal ini menunjukkan  bahwa perlunya kita melihat kebutuhan mereka apa?
Itulah sekilah kegiatan evaluasi Karipura di Desa Kibay. Kami pulang dengan membawa pembelajaran.

Karina - Caritas Indonesia Karina - Caritas Indonesia Karina - Caritas Indonesia
Karina - Caritas Indonesia Karina - Caritas Indonesia
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta