Kabar dari Palembang – Caritas Indonesia – KARINA

Kabar dari Palembang

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaTanggal 18–20 Februari 2009, Yayasan Pansos Bodronoyo mengadakan kegiatan Kajian Mandiri Kinerja Institusi Bidang Pengurangan Resiko Bencana. Kegiatan ini melanjutkan apa yang sudah dilakukan di Caritas Purwokerto dan Bandung. Yayasan Pansos secara resmi telah ditunjuk oleh Mgr. A. Sudarso, SCJ. untuk berperan sebagai KARINA  Keuskupan Agung Palembang (KARINA  KAPal). Menurut Direktur Yayasan, Rm Bonifasius Djuana, Pr. tujuan tidak didirikannya lembaga Caritas ini secara terpisah dari Yayasan Pansos adalah untuk lebih mengembangkan karya yang telah dikerjakan oleh Pansos selama ini.

‘Secara lembaga kita menyadari bahwa beberapa daerah di Keuskupan Palembang itu rawan bencana. Dengan pengenalan kegiatan semacam ini kita jadi punya pengetahuan yang lebih luas tentang pengurangan resiko bencana. Kajian ini bukan suatu pelatihan namun lebih kepada penyadaran bagi Pansos tentang pengurangan resiko bencana,’ imbuh Rm. Bonifasius Djuana, Pr.

Seperti diketahui bahwa proses kegiatan kajian institusi bidang pengurangan resiko bencana di Palembang ini bertujuan untuk memetakan bagaimana posisi sebuah institusi dalam kegiatan pengarusutamaan dalam bidang pengurangan resiko bencana. Pengarusutamaan ini bertujuan untuk memasukkan elemen-elemen pengurangan resiko bencana dalam tiap elemen kunci; kapasitas institusi, kebijakan, strategi, perencanaan berdasar wilayah, pengelolaan siklus proyek, dan hubungan eksternal. Ini menjadi penting mengingat frekuensi bencana yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia cenderung meningkat.
‘Harus ada penyadaran tentang pentingnya kegiatan ini, sehingga kita dapat memperbaiki faktor-faktor pendukung pengarusutamaan ini secara kolektif,’ sela Felix Suparno, Kepala Unit Bengkulu, di lain kesempatan.

Acara ini sendiri diikuti oleh peserta yang berasal dari 5 unit Pansos yang tersebar di Palembang, Jambi, dan Bengkulu. 25 peserta tersebut telah akrab dengan kegiatan pengembangan masyarakat di wilayahnya masing-masing, seperti mikro kredit, koperasi, perkebunan, balai pengobatan, pos obat desa.

Proses kajian ini dimulai dari pengenalan konsep pengurangan resiko bencana, pengarusutamaan pengurangan resiko bencana di tingkat institusi, dan penilaian tingkat kinerja pada tiap elemen kunci. Penilaian yang telah dibuat oleh peserta akan membuahkan prioritas aksi yang nantinya akan ditindak lanjuti oleh KARINA  KAPal. (drr)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta