Hujan: Waspadai Lahar Hujan Sinabung – Caritas Indonesia – KARINA

Hujan: Waspadai Lahar Hujan Sinabung

18/11/2014

Sampai dengan pertengahan bulan November ini, erupsi Gunung Sinabung masih terus berlangsung. 3-5 kali per hari gunung tersebut memuntahkan abu vulkanik yang dibarengi dengan pasir dan awan panasnya. Arah angin yang terus berubah juga memberi dampak hembusan abu vulkanik yang tak tentu arah. Hal tersebut tentu membutuhkan perhatian serius dan juga respon yang tepat bagi masyarakat yang terdampak. Erupsi pada awal bulan Oktober kemarin membuat Caritas PSE Keuskupan Agung Medan kembali melakukan kegiatan tanggap darurat untuk para penyintas, yang dilakukan secara bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan program pemulihan pasca erupsi besar di akhir 2013 lalu.

Waspada Lahar Hujan

Pastor Liberius Sihombing (Paroki Tigan Derket) menyatakan bahwa curah hujan yang tinggi bulan-bulan ini menyebabkan beberapa tempat sekitar Gunung Sinabung menjadi wilayah yang rawan bencana longsor. Muntahan material dari puncak Gunung Sinabung ternyata menumpuk di lereng gunung dan membuat gunung tampak semakin “gemuk”. Curahan hujan yang tinggi menyebabkan tumpukan material vulkanik itu menjadi lumpur. Beberapa desa yang mengalami dampaknya, adalah Desa Sukatendel, Perbaji, dan Mardingding.

Jalan propinsi di Desa Sukantedel nyaris putus karena lumpur lahar hujan yang menggelontorkan banyak pohon dan batu-batu besar. Saluran air tidak sanggup menampung luapan lumpur sehingga meluber hingga ke jalan raya dan nyaris meluluh-lantakkan rumah-rumah penduduk di sekitarnya. Desa Mardingding yang persis di bawah Gunung Sinabung juga sempat terisolasi selama 2 hari karena jalan penghubung kampung (Mardingding-Perbaji) terputus diterjang banjir lahar hujan. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah daerah sudah menurunkan alat berat untuk membersihkan lokasi-lokasi yang tertutup oleh longsoran.

Penduduk yang desanya dilalui aliran lahar hujan seperti Perbaji, Mardinding dan Sukatendel belum bisa beraktivitas dengan normal. Akibatnya anak-anak tidak bisa bersekolah. Ladang dan tanaman yang baru ditanam beberapa bulan lalu sudah rusak tertutup abu vulkanik tanpa sempat dirasakan hasilnya. Selain itu, warga juga didera rasa khawatir dan rasa was-was karena lahar hujan biasanya mengalir pada malam hari yang merupakan waktu istirahat masyarakat. Mereka takut pada saat terjadi lahar hujan yang besar, mereka tidak sempat menyelamatkan diri.

Kebutuhan Mendesak

Masih berkaitan erat dengan kegiatan pemulihan di Sinabung, tim advanced dari KARINA diterjunkan pada tanggal 21-29 Oktober 2014 untuk membantu tim Caritas PSE Keuskupan Agung Medan dalam mengisi kesenjangan kebutuhan di lapangan. Mereka bersama-sama melakukan kajian kebutuhan dan koordinasi-koordinasi lainnya, selain terus menyalurkan bantuan kepada warga terdampak. Beberapa kebutuhan yang patut diperhatikan adalah:    

  1. Kebutuhan air bersih dan air minum untuk warga Desa Gurukinayan. Karena belum ada sumber air bersih yang bisa mencukupi kebutuhan warga.
  2. Kebutuhan masker untuk warga Desa Selandi Lama dan Mardinding. Karena erupsi terjadi hampir setiap hari.
  3. Kebutuhan pembersihan atap rumah (terutama yang terbuat dari seng). Sebab jika tidak segera dilakukan, atap akan berkarat karena debu vulkanik. Debu vulkanik yang menempel di atap rumah sangat pekat sehingga sulit terlepas hanya dengan air saja. Warga menggunakan sapu lidi dan alat pengeruk sederhana untuk melepaskan debu-debu yang sudah mengeras.
  4. Kebutuhan alat penerangan (senter) untuk mengecek keadaan di sekitarnya dan mewaspadai lahar hujan pada malam hari.
  5. Alat-alat berat diperlukan untuk membersihkan longsoran tanah, batu maupun kayu yang menutupi akses jalan warga. 

 

Dirangkum dari Laporan Sitrep No. 6 dari Caritas PSE KAM, tanggal 8-12 November 2014.

 

Contact Persons:

  1. Pastor Markus Manurung, OFM Cap (Direktur Caritas PSE):  08126492106
  2. Pastor Liber Sihombing – Paroki Tiga Nderket : 085296448677
  3. Fitriyah Bunga Sinaga (Program Coordinator Caritas PSE): 081361094755
  4. Yayasan Caritas PSE. Jl. Sei Asahan No. 42, Kelurahan Padang Bulan Selayang I, Sumatera Utara, 20131. Phone: +62-61-8227004, 77818191, 76668881, Fax: +62-61-8200115
  5. Email: caritaspse@yahoo.com, bunga_sinaga@yahoo.com, mangatur_man@yahoo.co.id

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta