Gender dalam Tanggap Darurat Bencana – Caritas Indonesia – KARINA

Gender dalam Tanggap Darurat Bencana

12/09/2017
Ilustrasi foto Respon Tanggap Darurat Banjir Belitung 2017 oleh KARINA & Jaringan Caritas Keuskupan (Foto: Budi/KARINA).
Ilustrasi foto Respon Tanggap Darurat Banjir Belitung 2017 oleh KARINA & Jaringan Caritas Keuskupan (Foto: Budi/KARINA).

Tanggal 6-8 September 2017, KARINA bersama CRS Indonesia melaksanakan pelatihan pengarusutamaan gender dalam pemenuhan standar serktoral Sphere. Pelatihan ini diikuti oleh empat keuskupan yang ikut serta dalam proyek pengembangan kapasitas tangga darurat (CAPABLE), yaitu Keuskupan Malang, Keuskupan Palangkaraya, Keuskupan Denpasar dan Keuskupan Agung Makassar. Pelatihan ini merupakan bagian dari tujuh paket pelatihan untuk peningkatan kapasitas dalam hal tanggap darurat bencana yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan konsep gender serta pengarusutamaan gender yang tepat dan hubungannya dengan pengurangan risiko bencana kepada para peserta.

Pelatihan ini difasilitasi oleh Ibu Salbiyah (Gender Officer, CRS Indonesia), Bapak Helmi Hamid (Capacity Building and Agriculture Program Manager, CRS Indonesia) dan F. Sundoko (Koordinator ER, Yayasan KARINA). Pada hari pertama, para peserta diajak untuk memahami mitos gender yang hidup di tengah masyarakat dan mengidentifikasi dampak dari mitos-mitos tersebut terhadap perilaku dan pembagian peran antara perempuan dan laki-laki baik pada masa normal maupun pada masa tanggap darurat bencana. Kemudian untuk membantu peserta membangun pemahaman yang tepat akan beberapa terminologi kunci yang muncul selama diskusi pada sesi sebelumnya, mereka diajak untuk bermain kartu yang berisi tentang definisi dari terminologi-terminologi dalam wanah gender yang akan digunakan.

Pada hari kedua, para peserta diajak untuk memahami konsep pengarusutamaan perlindungan yang terkait erat dengan gender dan bagaimana menggunakan alat analisa gender pada masa tanggap darurat bencana. Pemahaman peserta akan konsep perlindungan dan alat analisa gender ini akan berguna bagi peserta untuk memastikan semua penyintas mendapatkan manfaat dari intervensi yang dilaksanakan dan bahwa intervensi yang dilakukan itu tepat dan sesuai dengan prinsip perlindungan dan konteks sosial, budaya dan tempat para penyintas berada. Kegiatan ini diakhiri dengan melakukan latihan tentang bagaimana caranya menerapkan pengarusutamaan gender ketika melakukan pemenuhan standar sektoral Sphere dalam masa tanggap darurat. ‚óŹ Naomi Aprilani & Leo Depa Dey

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta