Emergency Response untuk Sohoya – Caritas Indonesia – KARINA

Emergency Response untuk Sohoya

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaBanjir yang melanda Desa Sohoya di Nias direspon dengan cepat oleh Tim Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Caritas Keuskupan Sibolga. Berikut ini cerita dari Aktivitas Sarumaha yang terjun langsung membantu warga terdampak. Sebagai bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat Desa Sohoya yang terkena banjir, Tim PRB Caritas Sibolga (5 Staff PRB CKS, 3 Fasilitator PRB Paroki dan 2 Relawan dari Mudika ST. Maria BPB) pada hari Kamis tanggal 17 September 2009 pada pukul 18:30 Wib berangkat dari Gunungsitoli ke Desa Sohoya yang memakan waktu kurang lebih satu jam.

Kebutuhan logistik yang yang dibawa  20 karung beras, 130 karton mie instan, 150 kardus aqua gelas, 3 bal kantong plastik, 5 bal biskuit.  Barang logistik yang dibawa tidak bisa langsung diantar ke lokasi karena akses jalan yang hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki. Tim PRB CKS memutuskan untuk menitipkan barang bantuan di salah satu rumah warga. Bersama dengan 4 orang warga dari desa Sohoya yang telah lama menunggu di desa Siofaewali (desa tetangga), tim berangkat dari rumah penitipan barang logistik pada pukul 22:15 Wib. Barang yang dibawa saat itu adalah 12 kardus mie instan. Tim tiba dilokasi sekitar pukul 11:30. Dilaporkan saat itu kondisi banjir sudah surut sebatas mata kaki.

Sesampainya di desa Sohoya, tim langsung berkordinasi dengan kepala desa dan beberapa tokoh masyarakat untuk mendiskusi cara pendistribusian barang logistik. Hasil pertemuan pada malam itu adalah :

  1. Kepala desa mendata kepala keluarga yang berdomisili di Sohoya.
  2. Membuat format daftar penerimaan barang.
  3. Membuat berita acara.
  4. Menjamin untuk menjemput barang-barang di tempat penitipan barang bantuan.

Pembagian bantuan dilaksanakan pada hari jumat tanggal 18 September 2009 pada pukul 9 pagi. Proses pembagian barang berjalan dengan lancar. Sekitar 107 KK mendapat jatah masing-masing 5 Kg beras, 5 bungkus mie instan, 1 karton air mineral. Biskuit hanya diberikan kepada kepala keluarga yang memiliki anak balita.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari fasilitator PRB CKS bahwa sebelumnya kepala desa Sohoya telah menghubungi Camat memberitahukan situasi banjir di desanya namun tidak direspon dengan baik oleh Camat. Kades juga sudah berkordinasi dengan PMI, namun sampai berita ini diturunkan PMI belum memberikan respon. Sampai saat ini hanya Caritas Keuskupan Sibolga yang telah memberikan respon darurat di Sohoya.

Selama beberapa hari terakhir hujan sudah mulai berhenti. Desa Sohoya berangsur-angsur pulih. Masyarakat mulai menjalankan aktifitasnya masing-masing. Beberapa warga mulai membersikan rumah dan lingkungannya serta mencari ternak mereka yang hilang ketika banjir.

Masyarakat Sohoya mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan emerjensi dari Caritas Sibolga. Bantuan tersebut dirasa sangat menolong selama beberapa hari kedepan sebelum situasi benar-benar pulih. Situasi terakhir di Sohoya, Senin 21 September 2009 masyarakat Sohoya mulai kembali menjalankan aktivitas seperti biasa. Pada mulanya CKS memperkirakan bahwa mereka akan menghadapi masalah kesehatan namun ternyata sejauh ini masyarakat sudah mampu survive dalam hal tersebut. Tidak terdapat kasus penyakit yang serius atau berskala besar.

Salam,
Aktivitas Sarumaha
Praktisi PRB Caritas Sibolga

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta