Emergency Response Course : Lebih Siap, Lebih Tertata – Caritas Indonesia – KARINA

Emergency Response Course : Lebih Siap, Lebih Tertata

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaCaritas Czech Republic (CCR) dan Karina memiiki perhatian yang sama dalam hal peningkatan kapasitas dan pengetahuan tentang tanggap darurat dan kesiapsiagaan bencana. Peningkatan kapasitas ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan respon jaringan karitas di Indonesia ketika bencana melanda. Dari pengalaman merespon bencana yang lalu, Karina bersama mitra-mitra kerjanya, Caritas Partners dan Caritas Keuskupan, menyadari bahwa dukungan dan sinergi dari beberapa elemen yang ada di dalam tim tanggap darurat ini sangatlah penting untuk menghasilkan respon yang baik dan akuntabel.

Sebagai usaha untuk menghasilkan sinergi ini, Karina dengan didukung oleh CCR, mengadakan Pelatihan Tanggap Darurat (Emergency Response Course) pada 22-24 Februari 2010 di Hotel Grand Cemara Jakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta dari beberapa Caritas Keuskupan seperti Karina KAS, Pansos Bengkulu, Keuskupan Agung Jakarta dan dari Karina KWI sendiri.

Pelatihan ini adalah yang pertama kali bagi jaringan Karitas di Indonesia di mana tim tanggap darurat dan tim administrasi duduk bersama dalam satu ruangan dan membahas sektor-sektor sekitar tanggap darurat yang dikaitkan dengan peran dan tugas masing-masing.

‘Untuk saya yang sehari-hari di bagian keuangan ya agak bingung awalnya. Tapi kami punya pengalaman penanganan bencana tahun 2007 lalu jadi ya lumayanlah’ jelas Rejiyono, peserta dari Pansos Bengkulu. Sedikit berbeda dengan Budi dari Karina KAS, ia yang sehari-hari aktif di Paroki Sragen merasa jadi lebih mantap dengan adanya wawasan baru yang diberikan selama pelatihan. ‘Dengan pengetahuan baru saya makin yakin nanti dalam merespon bencana jadi lebih tertata.”Saya jadi lebih tahu kapasitas dan manajemen voulenteer’ tambah Bintang dari Paroki St. Antonius Padua yang juga aktif di Tim Relawan untuk Solidaritas (TRUST)

Dadan Mulyana, DRR dan ER Specialist IBU Foundation, yang menjadi fasilitator pelatihan menuturkan bahwa tujuan dari adanya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan peserta dalam mengelola misi tanggap darurat.Dari materi pelatihan yang telah disampaikan peserta dibekali pengetahuan agar mampu mempersiapkan pelaksanaan assessment (kajian) untuk misi tanggap darurat di lapangan secara efisien dan efektif. Selain itu paham dan mampu menjalankan misi Tanggap Darurat sesuai dengan kebutuhan dasar (Air dan Sanitasi, Bahan Pangan, tempat naungan sementara dan distribusi bahan non-pangan) juga kebutuhan orang-orang yang terdampak bencana serta kebutuhan lain seperti livelihood serta pengurangan resiko bencana.

Harapan dari Karina, sekembalinya para peserta ke keuskupan masing-masing mereka dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan yang didapat terkait dengan upaya merespon bencana kepada tim dan komunitas dampingan mereka serta Jaringan karitas Indonesia di keuskupan lainnya.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta