Ecobricks: Mengurangi Plastik & Menjaga Lingkungan – Caritas Indonesia – KARINA

Ecobricks: Mengurangi Plastik & Menjaga Lingkungan

19/08/2016
IMG_20160810_102110_HDR-1

Hari Rabu, 10 Agustus 2016, KARINA menerima kedatangan Ani Himawati dan Russell Maier, yang dikenal sebagai para pegiat gerakan “ecobricks”. Gerakan ini mengajak semua orang untuk aktif melestarikan lingkungan dengan cara mengurangi sampah plastik. Sebagai gerakan advokasi dan edukasi, Ani dan Russel mengajak masyarakat untuk mengolah kembali (reuse & recycle) plastik-plastik bekas yang ada di sekitar mereka menjadi barang yang lebih berguna.

Keberadaan sampah plastik di muka bumi ini sudah mencapai titik yang memprihatinkan. Selain tidak mudah terurai oleh tanah, sampah plastik yang dibakar justru menimbulkan asap beracun bagi mahluk hidup. Bahkan, sampah plastik yang berserakan di bumi ini sudah mencemari lautan Antarctica. Untuk mengatasi masalah tersebut, ecobricks manjadi salah satu alternatif jawabannya.

Dalam gerakan ecobricks, Russel dan Ani tidak pernah menganggap plastik-plastik bekas produk kemasan itu sebagai “sampah”. Mereka menyebutnya tetap dengan kata “plastik”, sebagai bahan baku untuk “bricks” (bata). Prinsip dasar pembuatan bata dari botol plastik ini adalah dengan memasukkan dan memadatkan plastik-plastik bekas kemasan produk kedalam botol-botol plastik bekas minuman. Bata-bata plastik ini kemudian disusun sedemikian rupa dan direkatkan dengan bantuan serat bambu, pasir dan tanah liat untuk menjadi tembok-tembok sebuah bangunan.

Russell Maier dan Ani Himawati (atas) memberikan penjelasan kepada KARINA (foto: Y. Baskoro)
Russell Maier dan Ani Himawati (atas) memberikan penjelasan kepada KARINA (foto: Y. Baskoro).

Kegiatan ini mendorong kerjasama di dalam komunitas yang melibatkan semua elemen masyarakat dari kelompok kecil di basis rumah tangga, sampai ke kelompok besar antar RW, dusun, desa bahkan di sekolah-sekolah. Salah satu contohnya adalah Kota Yogyakarta yang mengadopsi ecobricks sebagai program dasar pemerintah kota untuk melibatkan masyarakat dalam mengelola sampah di wilayahnya masing-masing. Kurang lebih 6 ribu ecobricks yang berasal dari 5 ton sampah plastik berhasil dikumpulkan oleh masyarakat dalam kurun waktu 4 bulan selama workshop ecobricks di Yogyakarta.

Kata “eco” diletakkan di depan kata “bricks” untuk menunjukkan bahwa gerakan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam. Konsep “eco” ini bukan saja ramah lingkungan (environmentally friendly) namun juga tidak membutuhkan biaya yang besar (economically friendly). Semua orang bisa membuat ecobricks dari barang-barang yang ada di sekitar rumah mereka untuk menjadi bahan bangunan maupun furnitur (meja, kursi, dipan, dll). Dengan konstruksi cradle-to-cradle, bangunan yang terbuat dari susunan ecobricks dapat dibongkar pasang dan disusun kembali dalam bentuk yang diinginkan.

Gerakan ecobricks di Jogja (Foto: http://www.ecobricks.org/2016/06/03/grand-ecobrick-unveiling-jogja/).
Gerakan ecobricks di Jogja (Foto: http://www.ecobricks.org/2016/06/03/grand-ecobrick-unveiling-jogja/).

Semakin banyak orang yang mengikuti gerakan ini, maka akan semakin terukur hasilnya. Sebab, setiap ecobricks yang dihasilkan akan dilabeli dengan nomor seri dan kategori warnanya. Setiap orang yang membuat ecobricks mempunyai ID untuk melakukan pencatatan dan pelabelan ecobricks yang datanya bisa diunggah di www.app.ecobricks.org. Aplikasi ini menyediakan informasi tentang jumlah ecobricks yang telah dibuat, lokasi-lokasi pembuatan ecobricks, teknik konstruksi bangunan dengan menggunakan ecobricks, dll. Selain dapat mengunduh aplikasi yang disediakan, masyarakat juga dapat mengikuti pelatihan ataupun workshop yang diselenggarakan oleh Ani dan Russell. ▪ Th. Kushardini & Y. Baskoro

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta