Diskusi Finalisasi RPB Kabupaten Sikka Tahun 2019-2023 – Caritas Indonesia – KARINA

Diskusi Finalisasi RPB Kabupaten Sikka Tahun 2019-2023

21/12/2018

KARINA dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sikka memfasilitasi kegiatan “Diskusi Finalisasi Rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Sikka Tahun 2019-2023” di Maumere pada tanggal 4-5 Desember 2018. Kegiatan ini diikuti oleh organisasi perangkat daerah seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup, UPT Kehutanan dan Dinas Ketahanan Pangan, juga organisasi non-pemerintah seperti PMI dan Forum Peduli Penanggulangan Bencana.

Pada kesempatan ini, Kepala BPBD Kabupaten Sikka, Mohammad Daeng Bakir, membuka kegiatan diskusi ini. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tentang gambaran umum rencana kerja BPBD Kabupaten Sikka dalam lima tahun mendatang, termasuk beberapa poin penting penanggulangan bencana di Sikka.

“Bencana adalah kejadian alam yang terjadi tanpa kita mampu memprediksinya dengan benar. Sehingga kerjasama dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat mengurangi dampak negatif dari bencana yang terjadi,” kata Mohammad.

Mohammad Daeng Bakir (tengah) sedang memberikan pemaparan (Foto: Arfiana Khairunnisa).
Mohammad Daeng Bakir (tengah) sedang memberikan pemaparan (Foto: Arfiana Khairunnisa).

Kabupaten Sikka, mendapat skor 201 yaitu dengan risiko tinggi atas indeks risiko bencana yang terdaftar di tahun 2013. Sebab, Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Kabupaten Sikka ini berada di posisi 1 tingkat nasional dan posisi 59 sebagai kabupaten dengan risiko tinggi.

Ia menambahkan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sikka masih disusun dalam bentuk draf oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). “BPBD sendiri mengutamakan pencegahan dan kesiapsiagaan dalam penanganan bencana dan pasca bencana. Sehingga diskusi ini nanti diharapkan dapat memberikan masukan tentang risiko penanggulangan bencana,” kata Mohammad.

Narasumber dari KARINA, Chasan Ascholani, dalam kesempatan memaparkan tentang draf rencana penanggulangan bencana (RPB) sebagai perantara untuk mendiskusikan kegiatan 5 tahun ke depan yang belum masuk ke dalam RPB. Hasil dari kegiatan diskusi ini adalah adanya beberapa poin penting, yaitu memperkuat kebijakan dan kelembagaan, pengkajian risiko dan perencanaan terpadu, penanganan tematik kawasan rawan bencana, peningkatan efektifitas pencegahan dan mitigasi bencana, perkuatan kesiapsiagaan dan penanganan bencana, dan pengembangan sistem pemulihan bencana. (*)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta