Dimulainya Program Peningkatan Penghidupan Petani Fase III di Kabupaten TTS dan Kabupaten Kupang, NTT – Caritas Indonesia – KARINA

Dimulainya Program Peningkatan Penghidupan Petani Fase III di Kabupaten TTS dan Kabupaten Kupang, NTT

09/07/2018
DSC01004-1

Program penguatan kapasitas terpadu bagi peningkatan penghidupan petani di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Kupang fase III akan diimplementasikan selama 31 bulan sejak April 2018 hingga Oktober 2020.

Program ini merupakan kelanjutan program yang sama fase I dan II yang telah dilakukan sejak Desember 2016. Pada fase ini tujuan umum yang akan dicapai adalan terciptanya jaringan antara petani dan stakeholder terkait lainnya di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Noelmina untuk menyiapkan petani dalam upaya mengurangi risiko kekeringan pada pertanian dan produksi. Tujuan lainnya adalah mengelola usaha tani untuk meningkatkan pendapatan bagi sekurangnya 975 petani di Kabupaten TTS dan Kupang.

Selama program berlangsung, telah banyak penerima manfaat langsung dan tidak langsung yang mendapatkan manfaat dari program ini yang dilakukan melalui Kelompok Tani dan Kelompok Pemuda. Kegiatan yang dilakukan meliputi Good Agriculture Practice (GPA), 3M (Mengisi kembali, Menyimpan dan Menggunakan kembali) dengan menerapkan teknis konservasi air dan tanah, serta praktek langsung melalui demo plot sayuran.

DSC00940-1
Suasana lokakarya persiapan peluncuran program (Foto: Istimewa)

Dengan melakukan kegiatan tersebut, pencapaian tahun 2017 menunjukkan adanya peningkatan pendapatan sebesar 64% dan peningkatan luas lahan sebesar 61% dan produksi 49% yang dilakukan oleh 422 petani dampingan. Hal tersebut menunjukkan dampak positif bagi perekonomian keluarga dan berkontribusi bagi peningkatan ekonomi wilayah.

Dari pembelajaran program sebelumnya juga dibutuhkan adanya peningkatan kapasitas petani dalam pengelolaan administrasi dan keuangan. Selain itu juga penting adanya membangun jaringan bersama untuk menjamin keberlanjutan pasokan sayuran di pasaran.

Diharapkan, program yang baru ini juga dilakukan pengembangan wilayah namun tetap terkoneksi dalam satu Kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Noelmina sehingga akan meningkatkan peran, kerjasama dan penyadaran masyarakat yang tinggal dalam satu Kawasan DAS. Hasilnya nanti akan dapat melakukan kerja-kerja mitigasi yang mendukung upaya pengurangan risiko bencana dalam kegiatan pertanian khususnya sayuran.

Pada 3-5 Juli 2018, telah dilaksanakan pertemuan persiapan program di Hotel Sotis, Kupang, Nusa Tenggara Timur. Program ini didanai oleh Anton Jurgens Fonds (AJF) dan diimplementasikan oleh Yayasan KARINA dan Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS).

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta