Caritas & YPAPK SCTV-Indosiar Peduli Pendidikan di Ruteng – Caritas Indonesia – KARINA

Caritas & YPAPK SCTV-Indosiar Peduli Pendidikan di Ruteng

19/03/2018
Sctv Ruteng 1-1

Salah satu modal pembangunan nasional adalah sumber daya manusia yang berkualitas. Sektor pendukung pencapaian sumber daya manusia yang berkualitas itu adalah pendidikan yang bermutu. Hal tersebut tak akan pernah terlepas dari sarana dan prasarana pendukung yang tersedia di setiap lembaga pendidikan dan yang harus dimiliki oleh para pelajar.

Kenyataan selalu menunjukkan bahwa di beberapa wilayah pedalaman di Indonesia, masih banyak lembaga pendidikan yang tidak memiliki sarana dan prasarana belajar mengajar yang memadai. Selain itu, muncul juga persoalan bahwa masih banyak anak-anak sekolah yang belum memiliki perlengkapan sekolah pribadi, seperti tas sekolah, buku tulis, bolpoin, dan penggaris. Kondisi tersebut tentu amat memprihatinkan.

Caritas Keuskupan Ruteng, sebagai sebuah lembaga sosial pastoral yang bekerja secara profesional, berkelanjutkan, dan akuntabel, mempunyai komitmen dan selalu berupaya untuk melayani warga miskin dalam bidang sosial dan ekonomi, termasuk juga di dalamnya bidang pendidikan. Saat ini, Caritas Keuskupan Ruteng sedang giat mengadakan pendampingan tentang pertanian organik kepada anak-anak di beberapa sekolah di Kabupaten Manggarai. Kegiatan pendampingan ini diberikan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Dari sana, Caritas Keuskupan Ruteng melihat begitu banyak anak yang tidak memiliki perlengkapan sekolah yang memadai.

Murid-murid SDN Lengor bergembira dalam program “Kita Semua Bersaudara”. (Foto: Dok. YPAPK SCTV-Indosiar).
Murid-murid SDN Lengor bergembira dalam program “Kita Semua Bersaudara”. (Foto: Dok. YPAPK SCTV-Indosiar).

Berhadapan dengan realitas ini, maka Caritas Keuskupan Ruteng bersama KARINA-KWI mengajukan permohonan bantuan paket pendidikan kepada Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih (YPAPK) SCTV-Indosiar melalui Program “Kita Semua Bersaudara”. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya bantuan yang diharapkan oleh anak-anak tiba di Ruteng pada pertengahan bulan Maret 2018. Sejak 14 hingga 15 Maret, melalui jalan yang berkelok dengan pemandangan alam yang indah, Tim Caritas Keuskupan Ruteng dan YPAPK SCTV-Indosiar menyapa anak-anak di SDN Lengor, SMP Negeri 4 Beanio, SDN Mowol dan SMP Negeri Satu Atap Mowol dengan penuh rasa persaudaraan.

Paket pendidikan berupa tas sekolah, buku, bolpoin, pensil, tempat pensil, penggaris, rautan, dan karet penghapus diterima anak-anak dengan suka cita. Sebanyak 280 paket bantuan diberikan kepada anak-anak di sekolah tersebut sebagai wujud belarasa, kepedulian dan persaudaraan yang disampaikan oleh para saudara-saudari di kota melalui Tim YPAPK SCTV-Indosiar. Anak-anak yang mendapatkan paket bantuan merasa sangat bahagia menerima kebaikan dari saudara-saudari yang mungkin belum pernah mereka temui, namun sudah mereka rasakan kedekatannya.

Salah satu kepala sekolah menyatakan bahwa, “program ini sangat baik untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik dan tentu saja membantu meringankan beban biaya para orang-tua untuk membeli alat-alat sekolah untuk anak-anaknya.” Program bantuan “Kita Semua Bersaudara” ini terlaksana atas kerjasama Tim YPAPK SCTV-Indosiar dengan Yayasan KARINA KWI. Sebelum ke Ruteng, program ini telah memberikan bantuan paket pendidikan yang sama di Sintang, yang bekerjasama dengan Caritas Keuskupan Sintang dan di Manado, yang bekerjsama dengan Caritas Keuskupan Manado. ● Dini

Tim Caritas Ruteng bersama Tim YPAPK SCTV- Indosiar dan siswa-siswi SMP Negeri 4 Beokina (Foto: Dok. YPAPK SCTV–Indosiar).
Tim Caritas Ruteng bersama Tim YPAPK SCTV- Indosiar dan siswa-siswi SMP Negeri 4 Beokina (Foto: Dok. YPAPK SCTV–Indosiar).
Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta