Caritas Keuskupan Ruteng Kampanyekan Peduli Migran Lewat Drama – Caritas Indonesia – KARINA

Caritas Keuskupan Ruteng Kampanyekan Peduli Migran Lewat Drama

17/10/2017
IMG_9339-1

Caritas Keuskupan Ruteng mengampanyekan peduli terhadap migran melalui pentasan drama “L’Ata Dading” yang menceritakan dinamika kehidupan keluarga-keluarga migran di Keuskupan Ruteng. Pementasan akan dilakukan di sejumlah paroki dan telah dimulai di Paroki Katedral Ruteng, Sabtu (24/09/2017).

“Pentasan ini merupakan salah satu kegiatan Caritas Keuskupan Ruteng yang mewakili Caritas se-Indonesia menyongsong kampanye migrasi internasional dengan tema ‘Share the Journey’ yang secara resmi diluncurkan pada 27 september 2017 oleh Paus Fransiskus,” kata Ketua Penyelenggara Pementasan Rm. Yuvens Rugi, Pr., di Aula Assumpta Paroki Katedral Ruteng, Sabtu (24/09/2017).

Drama berjudul “L’Ata Dading” ditulis dan disutradarai oleh Rm. Edi Menory, Pr serta diperankan oleh anak-anak Sekolah Minggu (Sekami). Drama tiga babak dengan durasi satu jam itu menceritakan bagaimana ibu rumah tangga menghidupi keluarganya sementara suaminya merantau ke Malaysia. Selain bergumul dengan urusan mencari nafkah dan menyekolahkan anak, ia menghadapi tekanan dari lingkungan sosial yang menganggap rendah kaum perempuan dan isteri para migran.

Harapan baru akan masa depan yang lebih cerah datang ketika lembaga Caritas Keuskupan Ruteng mendampingi keluarga-keluarga yang ditinggal oleh para perantau itu. Caritas Keuskupan Ruteng mengumpulkan isteri para migran dan memberdayakan mereka lewat usaha pertanian organik. Tidak hanya pemberdayaan ekonomi, Caritas Keuskupan Ruteng melakukan pendampingan integral terhadap mereka dengan memerhatikan berbagai sisi kehidupan seperti persekutuan, persaudaraan dan iman.

Pendampingan bagi Keluarga Migran

Direktur Caritas Keuskupan Ruteng, Rm. Martin Chen, Pr., menjelaskan apa yang dilakukan oleh Caritas Keuskupan Ruteng selama ini telah sejalan dengan kampanye global “Share the Journey” yang dilakukan oleh Caritas Internasionalis. Caritas Keuskupan Ruteng, kata beliau, memberi perhatian khusus terhadap keluarga para buruh migran. Itu sudah berjalan selama empat tahun terakhir atas dukungan dan kerja sama dengan Caritas Indonesia, yang biasa disebut KARINA.

Para pemeran drama “L’Ata Dading” yang terdiri dari anak-anak sekolah minggu (Foto: Komsos Keuskupan Ruteng).
Para pemeran drama “L’Ata Dading” yang terdiri dari anak-anak sekolah minggu (Foto: Komsos Keuskupan Ruteng).

 

“Empat tahun terakhir kita bekerja sama dengan Caritas Indonesia (KARINA) untuk mendampingi keluarga-keluarga migran, khususnya isteri dan anak-anak yang ditinggal oleh suami mereka yang merantau. Keluarga-keluarga ini dikumpulkan ke dalam kelompok-kelompok. Di sana mereka didampingi untuk mandiri secara ekonomi. Mereka dilatih mengembangkan pertanian, khususnya sayur,” kata Romo Chen

Ia berharap para penonton drama ini dapat mengenal dinamika kehidupan keluarga buruh migran dan membangun sikap belarasa dengan mereka.

“Setelah mengenal, mereka juga punya hati yang berbela rasa. Kita berharap mereka bisa menyebarluaskan pesan-pesan solidaritas dengan kaum migran,” tutup Romo Chen.

Diunggah ulang dari sumber aslinya: https://keuskupanruteng.org/2017/10/11/caritas-keuskupan-ruteng-kampanyekan-peduli-migran-lewat-pementasan-drama/

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta