Caritas: Jaringan Kasih yang Menyebar ke Seluruh Dunia – Caritas Indonesia – KARINA

Caritas: Jaringan Kasih yang Menyebar ke Seluruh Dunia

17/05/2016

Para Sahabat,

Saya sudah menjelajahi tiga benua dan melihat karya Caritas di banyak belahan dunia. Mulai dari membantu para pengungsi Rwanda, memberikan pengarahan kepada organisasi-organisasi Caritas di tujuh wilayah di dunia, hingga menjalankan tugas saya di sekretariat jenderal Vatikan, saya melihat bahwa kasihlah yang menjadi kekuatan di balik karya pelayanan kita.

Bulan lalu, banyak orang hadir ke Vatikan, termasuk diantaranya para direktur Caritas, untuk merayakan Peringatan ke-10 ensiklik Bapa Suci ‘Deus Caritas Est‘ – God is Love (Tuhan adalah Kasih). Ensiklik tersebut awalnya ditulis oleh Santo Yohanes Paulus II di tahun-tahun terakhir sebelum tutup usia dan kemudian diteruskan serta diterbitkan oleh Paus Benediktus XVI. Tulisan tersebut mengingatkan kita pada alasan keberadaan Caritas.

Anda mungkin sudah tahu bahwa kata ‘caritas’ berarti kasih. Konfederasi Caritas merupakan jejaring kasih yang menyebar ke seluruh dunia yang memberikan bantuan kepada orang-orang yang menderita, sekaligus ‘pemulihan jiwa dan perhatian’ bagi mereka.

Terkadang, anda mungkin bertanya ‘Mengapa saya harus mendukung Caritas, dan bukan organisasi pemberi bantuan lainnya?’ Jawabannya terletak diDeus Caritas Est. Entah anda sudah membaca dokumen tersebut atau belum, jika anda mendukung Caritas maka hati anda sudah melihat apa yang disampaikan di dalam dokumen tersebut – bahwa beramal tidak hanya pada masalah kesejahteraan saja namun merupakan manifestasi identitas sejati Gereja sebagai komunitas kasih.

Dengan mendukung Caritas, anda menjadi pendukung yang mempertemukan umat manusia dan menyatukan dunia menjadi satu keluarga. Anda tahu bahwa sejarah Gereja merupakan sejarah amal berupa kasih yang diberikan dan diterima.

Saya ingin berterima kasih atas dukungan anda kepada Caritas dan memberikan kesempatan kepada anda untuk memahami semangat para pekerja Caritas di seluruh dunia. Saya mengajak anda untuk membaca profil dari tujuh orang perempuan yang bekerja di tujuh wilayah yang berbeda. Mereka berbicara tentang kehidupan mereka dan apa yang menjadi inspirasi mereka. Dengan membaca profil-profil tersebut, anda akan melihat bahwa mereka lebih dari sekedar pemberi bantuan. Anda dapat membacanya di http://womenday.caritas.org/

Kiri: Dana Shahin, Caritas Jordan. Kanan: Marina Évora Almeida Costa, Caritas Cape Verde (Foto: www.womenday.caritas.org)
Kiri: Dana Shahin, Caritas Jordan. Kanan: Marina Évora Almeida Costa, Caritas Cape Verde (Foto: www.womenday.caritas.org)

 

Deus Caritas Est menegaskan bagaimana para pekerja amal tidak sekedar membutuhkan kompetensi seorang profesional, namun juga membutuhkan ‘hati’. Ketujuh perempuan tersebut, seperti halnya para staf dan relawan Caritas di seluruh penjuru dunia, memiliki hati yang ‘melihat dimana kasih dibutuhkan dan bertindak sesuai panggilan hati tersebut.’

Deus Caritas Est juga menjelaskan bagaimana komunikasi membuat dunia yang luas ini menjadi semakin terjangkau. Televisi dan telepon membawa berbagai penderitaan orang lain ke rumah kita yang kadang membuat kita merasa terganggu atau bahkan tidak bisa berbuat apa-apa. Namun revolusi informasi global juga berarti bahwa kita memiliki pengetahuan sehingga bisa segera melangkah untuk melakukan aksi.

Kisah yang ingin disampaikan oleh Caritas adalah kisah tentang harapan yang muncul ditengah-tengah keputusasaan. Keberadaan kami menjadi pengingat bahwa ‘Kasih adalah cahaya dan akan menjadi satu-satunya sumber cahaya yang akan selalu menerangi dunia yang semakin suram serta menguatkan kita untuk terus hidup dan berkarya.’

 

75a3a8917fff8a3235805fdc5092104e

Damai Kristus besertamu,

Msgr. Pierre Cibambo,

(Ecclesiastical Assistant, Africa Liaison Officer, Caritas Internationalis)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta