Bertani Organik di Kupang – Caritas Indonesia – KARINA

Bertani Organik di Kupang

16/02/2017
IMG_5772-1

Program bersama Caritas Regio Nusa Tenggara (Nusra) dan Sintang telah memasuki tahun kedua. Semangat untuk membangun resiliensi komunitas masyarakat sedang digalakkan di keuskupan-keuskupan Nusra dan Sintang. PSE Keuskupan Agung Kupang juga ikut ambil bagian dalam upaya membangun ketangguhan masyarakat di wilayah Keuskupan Agung Kupang melalui program “Strengthening Community Resiliency in Kupang”.

Strategi dalam membangun resiliensi masyarakat adalah dengan pengembangan pertanian organik. Untuk mewujudkan strategi ini, pada tanggal 30 samapai 31 Januari 2017 di Aula Paroki Santa Maria Immaculata Kapan, Komisi PSE mengadakan pelatihan pertanian organik untuk 21 orang fasilitator dari 3 komunitas dampingan (Komunitas Tabua, Komunitas Hidup Baru dan Komunitas Ratu Pencinta Damai). Pelatihan ini meliputi pengenalan pertanian organik khususnya pertanian konservasi, pengenalan pupuk dan pestisida organik dan bahan-bahannya, serta praktek pembuatan pupuk dan pestisida organik.

Fasilitator pelatihan, Bapak Marsel Ongko, seorang penyuluh pertanian pada Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), memberikan penjelasan kepada para peserta (Foto: PSE Keuskupan Agung Kupang).
Fasilitator pelatihan, Bapak Marsel Ongko, seorang penyuluh pertanian pada Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), memberikan penjelasan kepada para peserta (Foto: PSE Keuskupan Agung Kupang).

Fasilitator utama dalam pelatihan ini adalah Bapak Marsel Ongko, seorang penyuluh pertanian pada Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang juga sangat getol mengembangkan pertanian organik. Bahkan dalam pelatihan ini beliau lebih banyak membagikan pengalamannya dalam pengembangan pertanian organik di lahan sendiri, seraya tidak segan-segan mengkritik pemerintah yang masih sangat lamban dalam mengembangkan pertanian organik sebagai satu gerakan pertanian yang ramah lingkungan.

Pastor Paroki Kapan, RD. Ronald Kobesi yang hadir dalam pelatihan ini memberi apresiasi tinggi bagi kegiatan ini. Beliau sangat mendukung kegiatan ini karena membuka wawasan baru bagi umatnya dalam pengembangan pertanian organik yang juga sedang diperjuangkan oleh Gereja Keuskupan Agung Kupang. “Pilihan pada pengembangan pertanian organik sangat tepat sesuai kondisi umat kami yang sebagian besar bekerja sebagai petani. Ini sangat penting agar keutuhan lingkungan alam kita tetap terjaga dan bebas dari polusi yang merusak,” demikian kata Romo Ronald.

Para peserta membuat pupuk padat organik (Foto: PSE Keuskupan Agung Kupang).
Para peserta membuat pupuk padat organik (Foto: PSE Keuskupan Agung Kupang).

 

Para peserta dan anak-anak berfoto bersama usai pelatihan (Foto: PSE Keuskupan Agung Kupang).
Para peserta dan anak-anak berfoto bersama usai pelatihan (Foto: PSE Keuskupan Agung Kupang).

Lewat pelatihan ini, sangat diharapkan agar masyarakat benar-benar fokus mengembangakan pertanian organik di tengah-tengah tawaran teknologi pertanian yang memberi banyak kemudahan tetapi justru merusak lingkungan. Karena itu, para fasilitator yang dilatih ini, akan menjadi pelaku utama pengembangan pertanian organik di komunitasnya masing-masing. Bila yang lainnya kurang bersemangat, orang-orang kunci ini yang menjadi penggerak utama sehingga apa yang telah dilatih sungguh memberi dampak bagi kemajuan hidup anggota komunitas. Demikian harapan Romo Alan, Ketua Komisi PSE Keuskupan Agung Kupang.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dengan kegiatan pelatihan ini walaupun kondisi cuaca kurang mendukung. Mereka menyadari bahwa ada banyak bahan disekitar mereka yang bisa di manfaatkan untuk pupuk dan pestisida tanpa harus mengeluarkan uang. Cukup sedia tenaga dan semangat kerja keras dalam kebersamaan. ● RD. Handry Lanus

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta