Berbagi Pengalaman dalam Forum Direktur KARINA – Caritas Indonesia – KARINA

Berbagi Pengalaman dalam Forum Direktur KARINA

02/06/2017
IMG_5913-29

“Aksi-Refleksi yang terus menerus selama limapuluh tahun,” demikian sharing Bapak Bambang Ismawan tentang pengalamannya dalam mengembangkan Bina Swadaya pada Forum Direktur Jaringan KARINA (Caritas Indonesia). Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 1-2 Juni 2017 di Rumah Retret Wisma Canossa, Bintaro Sektor IV, Tangerang Selatan. Bapak Bambang diundang sebagai narasumber untuk menyampaikan tentang spiritualitas sosial Kristiani dalam pelayanan sosial-kemanusiaan di tengah-tengah masyarakat Indonesia di jaman sekarang ini. Hadir dalam forum ini adalah para Direktur, Koordinator, atau Ketua Caritas Keuskupan atau Komisi yang diberi mandat untuk menjalankan Caritas di Seluruh Indonesia. Jumlah total peserta dari keuskupan adalah 34 orang, sedangkan dari KARINA ada 8 orang.

Forum Direktur ini dibuka dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ, Uskup Agung Palembang, sebagai Ketua Dewan Pengurus Yayasan KARINA. Dalam kata sambutannya, beliau menekankan agar pelayanan sosial-kemanusiaan Caritas/KARINA dipakai sebagai wujud persatuan kita (manusia) dengan Allah. Testimoni kegiatan pelayanan sosial-kemanusiaan ini kemudian diperdalam oleh sharing-sharing pengalaman dari KARINAKAS (Keuskupan Agung Semarang) dan Caritas Weetebula. KARINAKAS menyampaikan tentang kegiatan pengembangan biogas sebagai energi alternatif untuk mengurangi kebiasaan masyarakat menebang pohon untuk kayu bakar. Sedangkan Bapak Laurensius Juang dari Weetebula menyampaikan tantangan dalam menyelenggarakan karya Caritas di tengah-tengah masyarakat.

Bapak Laurens menyampaikan pengalamannya di depan para peserta Forum Direktur (Foto: KARINA).

 

Para peserta Forum Direktur KARINA 2017 berfoto bersama di depan wisma Canossa (foto: KARINA).
Para peserta Forum Direktur KARINA 2017 berfoto bersama di depan wisma Canossa (foto: KARINA).

Selain itu ada juga KARINA Jogja yang membagikan pembelajaran tentang program resiliensi masyarakat miskin kota di Marunda, Jakarta. Bapak Yudo Pambudi, dari YPSK Tanjungkarang menyampaikan praktik baik dari kegiatan penguatan kapasitas tanggap darurat dan implementasinya. Sedangkan Bapak Drajat Ismanto, dari KARITO, menyampaikan kegiatan resiliensi yang dikembangkan bersama masyarakat dampingan di wilayah Purwokerto. Untuk dapat melihat relevansi dari itu semua, pengalaman yang disampaikan, para peserta kemudian diajak untuk merefleksikan pengalaman-pengalaman tersebut dalam diskusi kelompok. Pada kesempatan tersebut KARINA juga menyampaikan Rencana Strategis 2018-2022 yang akan ditajamkan dengan Rencana Operasional pada bulan September 2017 nanti. ●

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta