Banjir Melanda Sohoya dan Mandailing – Caritas Indonesia – KARINA

Banjir Melanda Sohoya dan Mandailing

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaHujan deras selama sepekan ini telah menyebabkan banjir di beberapa desa di pulau Nias. Salah satu desa terparah yang terendam air adalah Desa Sohoya yang meliputi 3 dusun yang  berada di kecamatan Bawalato Kabupaten Nias. Selain hujan deras selama sepekan ini, banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Mola dan terjadinya penyempitan di muara sungai. Menurut berita yang diperoleh dari salah seorang fasilitator Caritas Sibolga yang sedang berada di lokasi, banjir mulai terjadi sejak Sabtu pagi tanggal 12 September. Ketinggian air mencapai pinggang orang dewasa. Kamis ini (17/9) banjir mulai surut namun diperkirakan ketinggian air masih berpeluang naik karena kondisi cuaca yang belum pasti.

Hingga sekarang kerugian masih belum bisa ditaksir. Berdasarkan informasi sejauh ini ada satu rumah yang hanyut, sawah dan ladang terendam air, banyak ternak yang hanyut terbawa arus air dan dilaporkan belum ada korban jiwa. Sampai sekarang ini, sebanyak 104 Kepala Keluarga atau sekitar 600 orang masih bertahan di lokasi dan tinggal di atas atap rumah. Untuk memenuhi kebutuhannya, masyarakat Desa Sohoya memasak di rumah warga yang dapurnya agak tinggi. Kebutuhan air diambil dari genangan air sungai.

Sampai hari ini berdasarkan informasi dari warga belum ada lembaga yang datang untuk memberikan bantuan. Kebutuhan mendesak dari masyarakat adalah air bersih, makanan, obat-obatan dan tenaga medis.

Tim Pengurangan Resiko Bencana Caritas Sibolga telah berkordinasi dengan Paroki Idanogawo (daerah banjir merupakan bagian wilayah pastoral paroki Idanogawo) dan melakukan kontak dengan Satlak Penanggulangan Bencana Kabupaten Nias untuk melakukan kordinasi. Sebagai bentuk kepeduliannya sore ini Kamis 17 September 2009 tim pengurangangan resiko bencana Caritas Sibolga (5 Staff PRB CKS, 3 Fasilitator PRB Paroki dan 2 Relawan dari  Mudika ST. Maria BPB) telah bertolak dari Gunungsitoli menuju lokasi. Kebutuhan logistik yang yang dibawa  20 karung beras, 130 karton mie instan, 150 kardus aqua gelas, 3 bal kantong plastik, 5 bal biskuit. Direncanakan tim medis akan berangkat ke lokasi esok hari untuk membawa perlengkapan obat-obatan.

Kendala yang dihadapi adalah susahnya medan untuk masuk ke desa ini. Untuk mencapai desa tersebut, rute yang harus dilalui adalah melewati jalan setapak dan berlumpur sejauh 6 km yang hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. Sampai saat ini air masih menggenangi jalan hingga setinggi pinggang orang dewasa.

Untuk banjir Bandang Madina dua orang Staff PRB Caritas Sibolga telah bergabung dengan Paroki Padang Sidimpuan (daerah banjir Mandailing Natal merupakan bagian wilayah Pastoral Paroki Padang Sidimpuan), untuk melakukan Tanggap Darurat. (Kasih Y. Harefa – Caritas Keuskupan Sibolga)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta