Bahu Membahu Di Jalan Setapak – Caritas Indonesia – KARINA

Bahu Membahu Di Jalan Setapak

23/10/2012
Karina - Caritas Indonesia

Karina - Caritas IndonesiaProgram Rehabilitasi ini sendiri memiliki tujuan yaitu melakukan kegiatan merenovasi rumah yang hancur akibat gempa bumi 30 September 2009 yang lalu, dimana rumah tersebut akan diidentifikasikan berdasarkan kriteria kerusakan dan diperbaiki dengan mengikuti kaedah rumah tahan gempa. Rumah tahan gempa ini bertujuan memberi skala waktu bagi penghuni rumah agar dapat keluar menyelamatkan diri dari bangunan.

Program ini difokuskan di tiga wilayah paroki, yaitu Tirtonadi, Katedral dan Padang Baru. Dari data assesment tiga wilayah paroki ini sekurangnya terdapat 165 rumah yang akan dibantu. Grand Opening ini dilaksanakan dirumah Bapak Bachtiar Gulo-Paroki St. Maria Tirtonadi, rayon St. Yohanes Pembabtis.

Komisi PSE-Caritas Keuskupan Padang melaksanakan Grand Opening-Rehabilitation Program’EA37-2009 Diocesan Padang’ pada tanggal 21 April 2010. Grand Opening ini dimaksudkan sebagai langkah peresmian atas mulainya Program Rehabilitasi.

Program Rehabilitasi ini sendiri memiliki tujuan yaitu melakukan kegiatan merenovasi rumah yang hancur akibat gempa bumi 30 September 2009 yang lalu, dimana rumah tersebut akan diidentifikasikan berdasarkan kriteria kerusakan dan diperbaiki dengan mengikuti kaedah rumah tahan gempa. Rumah tahan gempa ini bertujuan memberi skala waktu bagi penghuni rumah agar dapat keluar menyelamatkan diri dari bangunan.

Program ini difokuskan di tiga wilayah paroki, yaitu Tirtonadi, Katedral dan Padang Baru. Dari data assesment tiga wilayah paroki ini sekurangnya terdapat 165 rumah yang akan dibantu. Grand Opening ini dilaksanakan dirumah Bapak Bachtiar Gulo-Paroki St. Maria Tirtonadi, rayon St. Yohanes Pembabtis.

Acara ini dihadiri oleh Pastor Paroki, Dewan Paroki, RT dan RW setempat, Donatur Delegate, seluruh staff Caritas Padang, serta para undangan lainnya. Hal yang sangat menarik dan berkesan dari acara ini adalah medan menuju lokasi acara sulit, semua harus mendaki, apalagi jalannya hanyalah jalan setapak, kendaraan pun tak bisa melewati lokasi ini.

Peresmian program rehabilitasi yang akan dilaksanakanpun oleh Eloi Bonal (Donatur Delegate dari Perancis) yang ditandai dengan pemecahan kendi. Eloi Bonal serta Silvia Holzer (Donatur Delegate dari Austria) sama-sama memiliki kesan yang dalam mengenai acara ini. Silvia sendiri mengatakan bahwa ia terharu dengan lokasi beneficery yang jauh dari keramain, dan hal ini haruslah mendapat perhatian, memberikan dukungan dan bantuan kepada beneficery yang memang harus mendapat perhatian.

‘Kami berharap untuk kedepannya dimana antara donatur, tim dan beneficery dapat saling bekerjasama,’ ungkap Silvia dan Eloi. Para penerima beneficery juga memberikan respon positif atas kegiatan sosial ini. ‘Kami tidak mampu membeli material untuk meneruskan pembangunan rumah kami yang rusak, tetapi berkat kebaikan dari donatur dan pihak yang terlibat beban kami menjadi ringan. Kami benar-benar sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan ini,’ jelas Pak Bachtiar.

Kita semua mendapatkan pelajaran berharga dari tragedi lalu yang menimpa Sumatra Barat, dimana terlihat rasa kemanusiaan dan sosial kita untuk saling bahu-membahu. Selain itu masih banyak masyarakat yang harus mendapatkan perhatian dan dukungan, diharapkan kepada pemerintah serta masyarakat untuk turut serta membantu saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan bantuan kita. (Fransiska Natalia Gea, Staff Caritas Keuskupan Padang)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta