Akibat Lahar Dingin Gunung Kelud – Caritas Indonesia – KARINA

Akibat Lahar Dingin Gunung Kelud

23/10/2012

Belum lagi banjir selesai menghantam Bojonegoro – Lamongan di Jawa Timur, kini lahar dingin Gunung Kelud pun turut ‘meramaikan’ suasana di Kediri. Banjir lahar yang terjadi pada 23 Febuari yang lalu, menyisakan sawah dan kolam ikan yang menjadi lapangan pasir dan batu. Tidak hanya itu saja, masyarakat pun kesulitan air bersih. Dam Clangap yang selama ini menjadi pemasok air bersih, tertimbun longsoran batu yang menyumbat pipa saluran air bersih. Sebenarnya, warga sempat mencoba membendung arus lahar dengan menggunakan tanggul karung berisi pasir. Tapi, apa daya, lahar yang berjalan kencang membawa sejumlah material berupa batu dari ukuran kelereng sampai bongkahan – bongkahan yang jauh lebih besar dari manusia.

Karina Pare memfokuskan perhatiannya di wilayah dusun Satak, Sumbersoko, Sukomoro, Dampit yang kesemuanya masuk kecamatan Puncu dan di desa Sumberdono kecamatan Pare, yang kondisinya sangat memprihatinkan. Warga amat sulit mengakses air bersih untuk minum, memasak dan mandi. Ketika hujan turun, warga mewadahinya untuk mandi, bahkan untuk minum dan masak. Di sepanjang jalan di 5 desa tersebut tampak banyak orang bergerombol dengan membawa jerigen atau bak air. Mereka menunggu datangnya kendaraan pemasok air bersih.

Sejak 3 Maret 2009, Karina Pare memasok air dengan menggunakan 1 truk sewaan dan 4 tandon air berisi masing-masing 1 meter kubik. Setiap hari sebanyak 9 – 12 meter kubik air per hari dipasok. Namun, situasi jalan pegunungan dan perkampungan membuat kegiatan ini cukup memakan waktu. Melihat kebutuhan yang mendesak akan air bersih dan Dam Clangap yang sangat rentan terkena ancaman longsor, maka tim Karina Pare sedang melakukan pengkajian kebutuhan untuk menemukan hal apa yang bisa mereka lakukan. Selain dari Karina Pare, ada juga bantuan dari Kesusteran Puteri Kasih berupa pengobatan gratis. (han/bs).

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta