Akhirnya Kami Bisa – Caritas Indonesia – KARINA

Akhirnya Kami Bisa

23/10/2012

Sejak Senin, 19 Maret 2012 lalu, Karina KWI menyelenggarakan pelatihan Project Cycle Management di Wisma MM UGM Yogyakarta.  Pelatihan ini diikuti perwakilan dari Caritas Keuskupan Agung Ende, Caritas Keuskupan Agung Samarinda, Caritas Keuskupan Agung Pontianak, Caritas Keuskupan Maumere, Caritas Keuskupan Tanjung Selor, Caritas Keuskupan Palangkaraya, Caritas Usaba Ketapang, Caritas Sintang dan Caritas Jayapura.

Di hari pertama, peserta mulai mengidentifikasi permasalahan di tiap-tiap wilayah dampingan, para pemangku kepentingan dan juga menyiapkan strategi dan sasaran. Tak lupa peserta juga melakukan analisis SWOT dengan dipandu LH Pranoro dari PPM Jakarta.  Meski bolak-balik mendapatkan masukan dari fasilitator namun peserta tak putus asa, memperbaiki lagi hasil diskusi mereka dan diakhir hari mulai mempresentasikan hasilnya.

Kerut di kepala semakin jelas, kala Pak Pran, begitu fasilitator biasa disapa, mulai menjelaskan tahapan menyusun “logical framework”.  Pak Pran
mengingatkan, bahwa Logframe harus disusun berdasar logika intervensi proyek. “Jika kegiatan itu dilakukan, apa hasil yang akan didapatkan, lalu apa dampak ke depannya?,” imbuhnya. Peserta pun mulai memhami bahwa logframe dapat membantu mereka dalam memberikan gambaran kegiatan dan kebutuhan sumber daya serta tanggung jawabnya, serta dapat dipakai untuk pengendalian dan evaluasi.

Gelak tawa juga sesekali terselip diantara diskusi selama dua hari kebersamaan kami. Pak Simon Seboraga, Caritas Samarinda, ketika mempresentasikan logframe sudah memaparkan hingga ke detail kegiatan, padahal yang diminta hanyalah judul kegiatan. Ketika peserta lain mengingatkan, Pak Simon tetap saja menjelaskan hingga ke detail-detail. Kami yang berada diruangan langsung tergelak, ketika Pak Simon akhirnya baru menyadari bahwa dirinya terlampau detail.

Willy, peserta dari Caritas Tanjung Selor, awalnya sedikt kebingungan. Namun dengan penjelasan Pak Pran dan proses pendampingan dari staff Karina, akhirnya Willy dapat menyelesaikan tugas di hari kedua dan mempresentasikan di depan kelas. “Berdasarkan pengalaman dan pengamatan di daerah,terdapat permasalahan soal air besih di Desa Sempayang. Sehingga saya mencoba membuat usulan kegiatan berupa pembangunan bak penampungan air hujan (PAH),” ujarnya mantap.

Anggi, peserta dari Karipura (Caritas Jayapura), menunjukkan kelegaannya ketika dapat memadukan hasil kajian yang sudah dilakukan sebelumnya dengan ilmu baru yang didapatkanya. “Akhirnya kami bisa.”

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta