Learning Event Proyek CAPABLE di Banyuwangi – Caritas Indonesia – KARINA

Learning Event Proyek CAPABLE di Banyuwangi

18/11/2019

 

Terhitung sejak tiga tahun berjalannya proyek CAPABLE (Capacity Building in Emergency Response), ada sebanyak 214 peserta mengikuti 7 seri pelatihan, 73 orang mengikuti Workshop dan Simulasi SOP (Standard Operating Procedure) dan 186 orang yang mengikuti pelatihan replikasi yang tersebar di 4 keuskupan. Para peserta tersebut juga terlibat dalam respon tanggap darurat yang terjadi di 3 tahun terakhir, diantaranya pada respon banjir di Luwu Timur, gempa di Lombok, gempa-tsunami-likuifaksi di Sulawesi Tengah, banjir di Banyuwangi, banjir di Sulawesi Selatan, Banjir di Konawe dan respon kabut asap di Palangka Raya. Dari beberapa respon-respon  tanggap darurat tersebut, terhitung ada sekitar 49.512 jiwa penerima manfaat.

 

CAPABLE adalah proyek bersama Caritas Indonesia & CRS Indonesia yang bertujuan meningkatkan dan menguatkan kapasitas mitra keuskupan dalam tanggap darurat. Program ini dilakukan melalui 3 pendekatan, yakni peningkatan kapasitas – membantu mitra keuskupan agar semakin efektif berperan dengan pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang baru melalui pelatihan-pelatihan tanggap darurat; penguatan lembaga – membantu Lembaga Caritas/Sosio Pastoral untuk mencapai visi dan misi, membangun sistem, struktur dan ruang lingkup yang diperlukan untuk kinerja yang optimal dengan membantu mitra keuskupan dalam membuat dokumen SOP; dan pendampingan mitra keuskupan –mendukung dan memastikan penerapan keterampilan baru mitra keukupan dalam respon tanggap darurat. Proyek CAPABLE ini diikuti oleh empat lembaga Caritas/Sosio Pastoral Keuskupan yakni Caritas Keuskupan Agung Makassar, Caritas Keuskupan Palangka Raya, Tim Tanggap Darurat Keuskupan Denpasar (TTDKD) dan Tim Solidaritas Kemanusiaan Keuskupan Malang (TSKKM).

 

Suasana Learning Event di Rumah Edukasi Griya Ekologi Kelir, Banyuwangi.(Photo: Caritas Indonesia)

 

Bertempat di Rumah Edukasi Griya Ekologi Kelir, Banyuwangi, Caritas Indonesia mengadakan kegiatan Learning Event di, pada 29 September – 2 Oktober 2019. Kegiatan ini merupakan penutup dari seluruh rangkaian proyek CAPABLE. Tujuan kegiatan ini adalah melakukan evaluasi; melihat dan menilai dampak, efektifitas, efisiensi, pembelajaran, keberlanjutan dan rekomendasi selama berlangsungnya program. 20 peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan utusan dari keuskupan-keuskupan peserta proyek CAPABLE, 3 orang staf Caritas Indonesia dan perwakilan dari CRS Indonesia. Direktur Caritas Indonesia, Rm. Fredy Rante Taruk, Pr. hadir pula dalam kegiatan ini.

 

Salah satu sesi dalam Learning Event proyek CAPABLE. (Photo: Caritas Indonesia)

 

Dalam Misa Syukur penutupan program, Rm Fredy menegaskan bahwa “Gerakan Caritas harus dimulai dari diri sendiri. Setiap orang yang terlibat dalam gerakan Caritas harus bisa memahami spritualitas layanan Caritas, baru bisa melayani dengan baik. Dengan demikian setiap orang yang melayani dapat menemukan makna hidupnya.”

 

Rangkaian kegiatan Learning Event ini kemudian ditutup dengan penampilan seni tari khas Suku Osing Banyuwangi yang dihadirkan oleh Rm. Tiburtius Catur Wibawa, Pr. (Ketua PSE Keuskupan Malang). Kegembiraan menyertai para peserta saat menari bersama para penari tradisional dalam kegiatan penutupan proyek CAPABLE tersebut.

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta