Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Keuskupan Purwokerto – Caritas Indonesia – KARINA

Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Keuskupan Purwokerto

17/11/2019

 

Keuskupan Purwokerto memiliki wilayah pelayanan yang luas, lebih dari setengah wilayah Provinsi Jawa Tengah dan terdiri dari 4 Dekenat, yakni Dekenat Utara, Dekenat Tengah, Dekenat Selatan dan Dekenat Timur. Dekenat Utara membentang dari mulai Paroki Hati Kudus Yesus, Tegal hingga Paroki Gembala Yang Baik, Limpung – Batang. Dekenat Tengah mulai dari wilayah Paroki St. Maria Immaculata, Banyumas sampai di Paroki St. Yosep, Purwokerto Timur. Sementara Dekenat Selatan, membentang mulai dari Paroki St. Theresia, Majenang sampai dengan Paroki St. Yohanes Maria Vianney, Kebumen. Dan Dekenat Timur mulai dari Paroki St. Stefanus Bagelen sampai di paroki St. Philipus, Kapencar – Wonosobo.

 

 

Peserta Pelatihan Gabungan yang hadir di Aula SD Pius, Gombong. (Photo: Fransisca Eleonora Sri Purwitasari/Caritas Indonesia)

 

Pada 17 November 2019, tiga paroki di Dekenat Selatan mengadakan kegiatan Pelatihan Gabungan Kesiapsiagaan Kebencanaan di Aula SD Pius, Gombong. Ketiga paroki tersebut yakni Paroki St. Yohanes Maria Vianney,  Kebumen, Paroki St. Yusuf Pekerja, Karanganyar dan Paroki St. Mikael, Gombong. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 9 pagi hingga 3 sore ini diikuti oleh 100 peserta, yang merupakan perwakilan dari  pengurus Tim Siaga Bencana Gereja, utusan stasi/lingkungan, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI), guru, tenaga medis RS. Palang Biru, Gombong, Paroki Karanganyar, Paroki Kebumen dan karyawan Pastoran.

 

Fasilitator dari BPBD menyajikan materi Manajemen Kebencanaan, Mitigasi & Tanggap Darurat. (Photo: Fransisca Eleonora Sri Purwitasari/Caritas Indonesia)

 

Kegiatan pelatihan gabungan yang terselenggara berkat pendanaan dari PSE Paroki Santo Mikael, Gombong ini terbagi menjadi 4 sesi dengan pelaksana dan narasumber di bidangnya masing-masing. Pada Materi I, “Manajemen Kebencanaan, Mitigasi & Tanggap Darurat”, tiga Narasumber dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen hadir sebagai fasilitator. Mereka adalah Bp. Eko Widianto (Kepala Pelaksana BPBD Kebumen) didampingi 2 orang anggota Tim Rescue BPBD Kebumen, Bp. Heri Purwoto dan Bp. Kurnia Arif Nugroho.

 

Sementara pada Materi ll, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen memberikan materi “Simulasi Pertolongan Pertama dan Dapur Umum” dengan fasilitator Bp. Totok Arisetyanto dan Bp. Bandrio. Pada Materi III, Bp. Aan dari Pemeliharaan Sumber Daya Air (PPK-OP SDA II Sempor) memberikan materi tentang “Tanggap Darurat Bencana Waduk Sempor.” Selanjutnya pada Materi IV, Bp. Kurniawanto dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Kabupaten Kebumen, memberikan materi “Potensi Bencana di Kebumen.

 

Bp. Aan menyajikan materi Tanggap Darurat Bencana Waduk Sempor. (Photo: Fransisca Eleonora Sri Purwitasari/Caritas Indonesia)

 

Beberapa catatan dapat ditarik dari kegiatan ini. Pertama, wilayah Kabupaten Kebumen memiliki banyak potensi bencana, seperti banjir, longsor, kekeringan, gempa, tsunami dan likuifasi. Kedua, BPBD Kabupaten Kebumen mendukung kegiatan peningkatan kapasitas dan bersedia memfasilitasi penanaman bibit-bibit pohon untuk ditanam, seperti pohon Ketapang Kencana dan Cemara Laut. BPBD juga menyarankan agar unit-unit tanggap bencana yang sudah terbentuk dalam kepengurusan di gereja segera dikoordinasikan dengan BPBD dan Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kebumen. Ketiga, pelatihan dan simulasi tanggap darurat bencana harus dilakukan berulang kali dengan sosialisasi jalur-jalur evakuasi dan titik kumpul. Setiap warga diharapkan mampu membekali diri untuk menolong dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

 

(Sumber tulisan: Fransisca Eleonora Sri Purwitasari, Ketua Bidang Pelayanan & Koordinator Tim Siaga Bencana Paroki St. Mikael, Gombong.)

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta