Optimalkan Pengelolaan DAS dengan Pengukuhan Forum DAS Nasional – Caritas Indonesia – KARINA

Optimalkan Pengelolaan DAS dengan Pengukuhan Forum DAS Nasional

09/08/2019

 

Untuk mengoptimalkan peran Forum Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) dalam pengarusutamaan pengelolaan DAS dalam mendukung pembangunan daerah, Direktorat Perencanaan dan Evaluasi Pengendalian DAS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang didukung oleh Caritas Indonesia (Karina) mengadakan rapat Pertemuan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS tingkat nasional di Denpasar, 28-29 Juli 2019.

 

Kegiatan yang mengambil tema “Peran Forum DAS dalam Pengarusutamaan Pengelolaan DAS untuk Mendukung Pembangunan Daerah”, bertujuan untuk mengoptimalkan peran forum DAS dalam pengarusutamaan pengelolaan DAS untuk mendukung pembangunan daerah serta terlaksananya pengukuhan Forum DAS Tingkat Nasional.

 

Forum DAS Tingkat Nasional ini dikukuhkan oleh Sekretaris Jendral KLHK, Bambang Hendroyono, yang mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) berdasarkan Surat Keputusan Menteri LHK No. 472/MenLHK/PDASHL/DAS.0/7/2019 tanggal 26 Juli 2019 tentang forum koordinasi pengelolaan DAS tingkat nasional.

 

Bambang Hendroyono, Sekretaris Jendral KLHK mengukuhkan anggota Forum DAS Tingkat Nasional. (Foto: Arfiana Khairunnisa/Caritas Indonesia)

 

Bambang dalam sambutannya mengatakan jika forum koordinasi akan bertugas secara cepat dan cermat untuk memberikan masukan untuk kebijakan pengelolaan DAS.

 

“Ibu Menteri (Siti Nurabaya) berpesan agar forum ini terus bekerja karena waktunya sangat singkat untuk memasukkan sebuah konsep pemikiran karena akan segera disahkannya RPJMN tahun 2020-2024. DAS menjadi salah satu irisan kehutanan dan lingkungan hidup yang menjadi salah satu target RPJMN dalam menyelesaikan persoalan hutan dan lahan kritis,” kata Bambang.

 

Adapun tugas dari Forum DAS antara lain:

  • Berkoordinasi untuk menyeleraskan kepentingan antar sektor, wilayah, dan pemangku kepentingan dalam pengelolaan DAS terpadu;
  • Menyusun rencana kerja forum koordinasi pengelolaan DAS secara tahunan atau lima tahunan dan dilaporkan kepada pengambil keputusan baik di tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten/kota;
  • Mengkaji, menelaah dan memberi masukan kepada gubernur atau bupati/walikota tentang kebijakan yang perlu dilaksanakan dalam pengelolaan DAS.

 

Sebagian Anggota Pengarah dan Dewan Pakar Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Tingkat Nasional. (Foto: Arfiana Khairunnisa/Caritas Indonesia)

 

Dengan adanya pengukuhan ini diharapkan kinerja Forum DAS tersebut dapat maksimal, agar fungsinya dalam membantu penyelesaian isu yang terjadi dalam pengelolaan DAS serta menumbuhkan dan mengembangkan peran pengawasan masyarakat dalam pengelolaan DAS. Yayasan KARINA pun mendukung penuh dalam pengelolaan DAS dengan melakukan advokasi pengelolaan DAS terpadu di Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Direktur Eksekutif Caritas Indonesia (Karina), Romo Dr. Fredy Rante Taruk, mengatakan bahwa tata kelola DAS berhubungan dengan sumber daya air yang merupakan mandat dari Caritas International yang harus diberikan perhatian serius.

 

Rm. Dr. Fredy Rante Taruk membawakan materi diskusi. (Foto: Arfiana Khairunnisa/Caritas Indonesia)

 

“Bekerja memastikan munculnya tata kelola DAS yang baik merupakan salah satu program kemanusiaan, dimana di dalamnya termasuk juga pengurangan risiko bencana, adaptasi perubahan iklim dan konservasi. Banyak masyarakat terdampak yang menjadi perhatian. Sehingga nantinya Caritas Indonesia tidak hanya mengerjakan program emergency response saja, tetapi juga program-program community development, termasuk memastikan adanya tata kelola DAS yang baik,” ujar Romo Fredy.

 

Romo Fredy berharap, Caritas Indonesia dapat berkontribusi dalam mengisi kesenjangan dalam pengelolaan DAS, terutama dalam hal kerjasama.

 

“Akan banyak program Caritas Indonesia yang akan berkontribusi dalam kegiatan di DAS, karena ada mata pencahariannya, pengelolaan risiko bencana, dan membangun masyarakat. Kontribusi tersebut dapat menjadi pembelajaran di program-program Caritas Indonesia yang lain,” ungkapnya.

 

Sebagian peserta diskusi yang hadir pada acara. (Foto: Arfiana Khairunnisa/Caritas Indonesia)

 

Dalam pertemuan ini juga dilakukan paparan materi oleh narasumber dengan tema “Peran Forum DAS dalam Pengarusutamaan Pengelolaan DAS untuk Mendukung Pembangunan Daerah” dimana Caritas Indonesia membagikan satu praktik baik yang sudah dilakukan dalam program Partners for Resilience. Caritas Indonesia melalui karya dari Caritas Keuskupan Maumere (CKM) berhasil memasukkan prioritas Rencana Pengelolaan DAS ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa dan Rencana Kerja Pemerintah Desa di 13 Desa di Kawasan DAS Dagesime Magepanda dan Ria Wajo di Kabupaten Sikka Provinsi NTT. Pada hari kedua lokakarya, diselenggarakan sidang komisi yang membahas tentang perencanaan pengelolaan DAS, KISS (koordinasi, integrasi, simplikasi, dan sinkronisasi), dan penguatan peran Forum DAS. Pertemuan ini juga dihadiri oleh BAPPENAS, Kementerian ATR/BPN, Kementerian PUPR, dan anggota Forum DAS di Indonesia. (Sumber tulisan: Arfiana Khairunnisa/Caritas Indonesia)

 

 

Share

Bantuan kasih dapat disalurkan melalui :

 

Yayasan KARINA

Jl. Matraman No. 31
Kelurahan Kebon Manggis
Kecamatan Matraman
Jakarta Timur, 13150
Telp : (+62-21) 8590 6534, 8590 6540
Fax : (+62-21) 8590 6763
Email : info@karina.or.id
Facebook : Caritas Indonesia-KARINA
Twitter : @Caritas_ID

 

Informasi account:

Bank BCA
Account No : 288-308-0599
Atas nama : YAY KARINA
Cabang: Puri Indah, Jakarta